71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Selain sebagai seorang pebisnis, pegiat sosial dan tokoh pers, Surya Dharma Paloh adalah politisi papan atas di episentrum kekuasaan dengan Partai NasDem yang dibesutnya.  

 

Bicara tentang pria kharismatis, ini adalah bicara tentang seseorang yang memiliki pengaruh besar di banyak sektor kehidupan. Kita mulai dari bidang politik. Pada Pemilu 2014 silam, Surya Paloh membuat gebrakan besar dalam Pemilu 2014. Partai yang resmi didirikannya pada 26 Juli 2011, Nasional Demokrat (NasDem), secara mengejutkan unjuk gigi dalam Pemilu tersebut dengan menyabet 6,72% suara atau 35 kursi di DPR, mengalahkan tiga partai lama, yakni Hanura, PBB, dan PKPI. Gebrakan akbar lainnya adalah sukses mengantarkan duet Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla (JK) memenangi Pilpres 2014.


Kesuksesan NasDem meraih suara yang cukup signifikan pada Pemilu 2014 tidak lepas dari popularitas dan pengaruh Surya Paloh. Pria bernama lengkap Surya Dharma Paloh ini memang populer sebagai politisi dan pengusaha media. Di pentas politik, Surya sejak muda telah aktif di Golkar, dan bahkan memegang jabatan strategis sebagai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar periode 2004 – 2009. Saat itu yang menjadi Ketua Umum Golkar adalah JK.


Sebagai tokoh pers, pengaruh Surya berkibar dengan keberadaan grup media massa miliknya yang semakin membesar dan berpengaruh dalam dunia pertelevisian. Pemberitaan-pemberitaan Metro TV dan Media Indonesia, dua media yang berada di bawah payung Media Group, mampu mempengaruhi kebijakan publik.


Tahun 2009 Surya bertarung melawan Aburizal Bakrie alias Ical memperebutkan posisi Ketua Umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) Golkar tahun 2009 di Pekanbaru, Riau. Dalam Munas Golkar tersebut Surya bertekuk lutut. Setelah itu, ia mendirikan NasDem yang mendapat sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat.