71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Posisinya sebagai Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) telah membuktikan Muhammad Rifai Darus adalah sosok muda yang cukup berpengaruh saat ini. Betapa tidak, di organisasi beranggotakan kurang lebih 62,6 juta pemuda, itulah ia mengelola  potensi pemuda untuk menyongsong masa depan Indonesia.

 

Karena itulah, pria yang akrab disapa MRD, ini ingin berperan total dalam ikut memajukan anak-anak muda Indonesia. Bersama KNPI, ia  bertekad memajukan pemuda lewat program unggulan di bidang maritim, industri  kreatif, pertanian dan bela negara.


Ia ingin membuang stigma di masa lalu, bahwa organisasi kepemudaan ini hanya bergerak di bidang politik dan kepanjangan tangan penguasa.


Sejumlah langkah yang ia lakukan adalah membentuk Satgas Pemuda Maritim Indonesia di 9 provinsi. Bekerjasama dengan Bakamla RI, KNPI melatih para pemuda setempat untuk bisa mengolah hasil laut. “Juga mengandeng perusahaan swasta, sehingga hasil ikan olahan tersebut bisa langsung dipasarkan ke Pasar Luar dan Dalam Negeri,” ujar pria kelahiran Jayapura, 8 Juni 1976 itu.


Para pemuda juga dilatih menjaga kelestarian laut dari kerusakan, misalnya dilatih menjaga terumbu karang, menanam mangrove di pantai dan melestarikan penyu.  


Di sektor ekonomi kreatif, MRD membuat koneksitas dengan komunitas-komunitas ekonomi kreatif, baik di dalam maupun luar negeri. Sehingga bisa semakin sinergi dan berdaya guna.