71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Telkom sukses membukukan triple double growth pada sektor pendapatan, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) dan laba bersih. Ini berkat bisnis digital, sesuatu yang jeli diantisipasi oleh sang dirigen.

 

Selama enam bulan pertama 2016, Telkom meraup pendapatan Rp56,45 triliun, atau tumbuh 15,6%.  EBITDA tercatat Rp28,80 triliun (melesat 22,8%), sementara laba bersih tercatat Rp9,93 trilyun, atau tumbuh 33,3%.
Bisnis data, internet, dan layanan IT menjadi kontributor terkuat dalam pertumbuhan perseroan. Kedua layanan bisnis yang digarap Telkom itu tumbuh 50,7% dengan kontribusi sebesar Rp22,64 triliun atau 40,1% dari keseluruhan pendapatan perseroan.


Pertumbuhan pada pendapatan data, internet dan layanan IT tak lepas dari perluasan infrastruktur fiber optic dan BTS 3G/4G, sesuai arah strategi yang ditetapkan Alex demi menuju positioning sebagai digital company. Memahami situasi perkembangan, Alex merancang bisnis digital sebagai engine of growth perusahaan di masa-masa mendatang.


Adapun layanan IndiHome Triple Play yang diluncurkan pada awal 2015 kini telah memiliki 1,5 juta pelanggan hingga akhir Semester 1 2016. Dengan didukung infrastruktur jaringan fiber optic, Alex bertekad akan terus meningkatkan kualitas layanan IndiHome, di antaranya dengan meningkatkan jumlah dan kemampuan teknisi untuk mendukung permintaan layanan IndiHome yang berkualitas di rumah pelanggan.


Pengakuan atas kinerja Telkom di bawah kepemimpinan Alex ibarat air yang terus mengalir. Yang terbaru, Alex dianugerahi penghargaan paling bergengsi sebagai Telecom CEO of The Year dalam ajang Asia Pacific ICT Award 2016 yang diselenggarakan Konsultan Manajemen Bisnis terkemuka, Frost & Sullivan.


Sebelumnya, Telkom menyabet tiga penghargaan pada ajang “6th Asian Excellence Award 2016” yang diselenggarakan oleh Corporate Governance Asia yang berbasis di Hong Kong. Tiga penghargaan tersebut meliputi Asia’s Best CEO untuk Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, Asia’s Best CFO, serta Asia’s Best Investor Relations Company.