71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Ia adalah sedikit dari perempuan di Indonesia yang mau bergelut di bidang industri telekomunikasi dari level terbawah hingga meraih jabatan CEO.

 

Setelah bekerja sebagai engineer di bidang satelite communication di PT Citra Sari Makmur (CSM). Dia kemudian pindah ke PT Satelindo dan bergabung ke XL saat masih di bawah naungan PT Excelcomindo sebagai radio engineer. Setelah 20 tahun berkarier di dunia ini, per 1 April 2015 Dian Siswarini dipercaya sebagai CEO PT XL Axiata.


Pengakuan sebagai CEO tersebut tentu menjadi parameter kehebatan seorang Dian Siswarini. Setidaknya, dia mampu memberikan inspirasi kepada kaum perempuan di Indonesia yang selama ini lebih banyak melirik sektor lain ketimbang dunia IT.


Bagi seorang Dian Siswarini alasan  tertarik mendalami bidang telekomunikasi, lebih karena bidang tersebut selalu berkembang, dinamis, dan cepat berubah. Itulah sebabnya, dia memutuskan untuk fokus pada bidang ini, setelah lulus dari Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1991. Bekerja sebagai engineer di bidang satelite communication di PT Citra Sari Makmur (CSM).


Dia kemudian pindah ke PT Satelindo dan bergabung ke XL saat masih di bawah naungan PT Excelcomindo sebagai radio engineer sampai setelah 20 tahun berkarier di dunia ini, per 1 April 2015 dia dipercaya sebagai CEO PT XL Axiata.


Dia menerangkan, “Perusahaan kami telah melakukan transformasi bisnis yang dijalankan melalui implementasi strategi 3R sejak awal tahun 2015, yaitu Revamp, Rise & Reinvent. Revamp, mengubah model bisnis pencapaian jumlah pelanggan dari volume ke value dan strategi bisnis untuk meningkatkan profitabilitas produk. Rise, meningkatkan nilai brand XL melalui pendekatan dual-brand dengan AXIS, guna menyasar segmen pasar yang berbeda. Sementara, Reinvent akan menstimulasi dan menumbuhkan berbagai inovasi-inovasi bisnis.”


Brand produk layanan seluler AXIS kembali hadir dengan ‘wajah segar’ pasca merger dengan XL. Menawarkan gaya hidup baru dalam menggunakan layanan telekomunikasi melalui penyediaan service yang simple, terutama untuk jasa telepon, SMS, dan data/internet sesuai kebutuhan dengan tarif irit.