71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Sulit disangkal jika Iqbal Latanro adalah sosok di balik eksistensi PT Taspen (Persero) yang terus menunjukkan kemajuan signifikan. Betapa tidak, dibawah kepemimpinannya, inovasi Taspen bergerak maju.

 

Dalam soal pelayanan, Taspen semakin mampu mendekatkan dan memudahkan nasabahnya untuk mengakses, bahkan di daerah yang jauh dari Jakarta sekalipun. Dengan layanan Taspen keliling, misalnya, bisa memudahkan para nasabah mengurus kepentingan terkait Taspen.


“Orang nggak perlu bingung, kalau ke Taspen. Kalau dulu ada biaya. Taspen sekarang tanpa biaya, nggak lebih dari satu jam, kami jemput bola,” bebernya, seraya menambahkan, dengan sertifikasi ISO 9001:2008 TUV NORD, Taspen menjamin untuk layanan Klaim 1 jam dengan data akurat.


Iqbal juga rajin menggalang kerjasama dengan pihak eksternal sebagai upaya pemberian pelayanan terbaik seperti melakukan kerjasama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) mengenai sinergi penempatan dana investasi, dengan PT Bank Mandiri, dan PT Pos dalam membentuk Bank Mantap.


Kerjasama ini dilakukan guna membayarkan tunjangan hari tua (THT), THT Multiguna, dan pensiun bulanan dan diharapkan dapat mempermudah pensiunan dalam mendapatkan akses layanan ketika hari tua. Sehingga, pihak terkait dalam kerjasama ini dapat memahami produk-produk Taspen.


Aksi pelayanan yang juga paling dirasakan dalam kepemimpinan Iqbal Latanro adalah penambahan kantor cabang di berbagai daerah. Hingga akhir tahun 2015 jumlah kantor cabang Taspen ada di 53 daerah. Kantor cabang yang ke-53 belum lama ini diresmikan di Lhokseumawe, Aceh.


“Peresmian ini merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan dengan peserta di 10 kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Aceh, dengan harapan para peserta pensiun dan PNS aktif akan mendapatkan pelayanan yang lebih mudah, aman dan nyaman,” tegas Iqbal.


Pembukaan cabang tersebut, diakui bukan sekadar aksi bisnis.“Kalau cuma melihat sisi bisnis, kami jelas tidak akan membuka kantor cabang di sini. Namun yang kami utamakan adalah dari sisi pelayanan. Strategi ini akan terus kami lanjutkan untuk mengurangi overhead size, skala cabang diperkecil sehingga bisa dikelola pegawai dalam jumlah yang tidak terlalu banyak,” kata Iqbal.