71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sosok Triawan Munaf tentu memiliki andil besar untuk membantu mewujudkan visi Presiden Joko Widodo menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

 

Memimpin sebuah lembaga baru seperti Bekraf, memang bukan perkara gampang. Triawan pun memahami dan menghadapi itu dengan professional. Betapa tidak, ia harus memikirkan mulai dari gedung untuk aktivitas Bekraf hingga anggaran untuk lembaganya. Seiring waktu berjalan, musisi ini berhasil menata satu persatu persoalan di Bekraf sampai kemudian hingga sekarang semuanya boleh dikata teelah tertata dengan baik.


Pengalaman dan kapasitasnya sebagai seorang pekerja seni kreatiflah yang tampaknya membuat Triawan mampu melakukan semua itu. Dan itu semua menjadikan Triawan bisa tampil sebagai sosok yang berpengaruh di lingkungan pekerja seni kreatif saat ini. Terbukti ia mampu mengembangkan kurang lebih 16 sub sektor ekonomi kreatif yang berhasil dikembangkan.


Ke-16 subsektor itu adalah aplikasi dan pengembangan game, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi video, fotografi, kriya atau kerajinan, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio. Ke 16 subsektor industri kreatif itu akan mendapat bimbingan agar tumbuh dan berkembang pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).


Tahun ini, Bekraf berencana mengucurkan dana untuk pelaku ekonomi kreatif sebesar Rp1 triliun. Dana tersebut berasal dari dana program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp120 triliun sepanjang 2016.


Bekraf juga memiliki inisiatif untuk membentuk Bekraf Start Up, akan ada lima subsektor yang difokuskan untuk start up, yakni aplikasi, game, animasi, fashion, dan desain. Meskipun Bekraf berfokus pada lima sektor tersebut, namun bukan berarti sektor lain akan ditinggalkan. Subsektor lain juga ada programnya, seperti dana ekonomi kreatif, pendaftaran HKI gratis untuk semua subsektor asal memiliki produk dan di bidang ekonomi kreatif.