71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Sejak Ahmad Heryawan atau Aher menjadi gubernur, ratusan penghargaan telah diraih Pemprov Jawa Barat. Tentu bukan sekadar prestise, penghargaan itu membuktikan kinerja cemerlang dan kepemimpinan Aher yang disegani. Piawai memimpin, pandai meihat peluang, dan berdedikasi penuh untuk warga menjadikannya sebagai gubernur sarat prestasi.

 

Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat yang diterima Pemprov Jabar pada Kamis (28/7/2016), menjadi prestasi teranyar. Tak cuma Pemprov, nyatanya, ada 8 Kepala Daerah di Jawa Barat dan dua orang tenaga medis serta akademisi yang menerima penghargaan serupa.


Prestasi ini menunjukkan betapa Aher memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan keluarga sejahtera di daerahnya. Hebatnya, Aher menjadi sosok berpengaruh yang mampu menyalurkan semangat itu ke seluruh kabupaten/kota untuk bekerja dalam visi dan misi yang sama.


Hal yang sama berlaku di bidang laporan keuangan. Tahun ini, Pemprov Jabar kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran (TA) 2015. Prestasi ini merupakan kali kelima secara berturut-turut sejak 2011. Tak hanya Pemprov, 11 pemerintah daerah di Jawa Barat juga meraih pretasi serupa, yakni Banjar, Ciamis, Cianjur, Cimahi, Majalengka, Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bogor, Garut, Karawang, dan Purwakarta.


Gebrakan Aher sudah terasa sejak ia menjabat gubernur pada 2008. Di awal pemerintahannya, misalnya, Aher mengalokasikan 20 persen APBD untuk pendidikan di Jawa Barat dan tersebar ke seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat. Biaya pendidikan sekolah dasar dan menengah akan gratis, dan SLTA berkurang biayanya.


Sebagai pemimpin di provinsi agraris, Aher memiliki prioritas pembangunan di bidang pertanian. Di bidang ini, fokus utama diarahkan pada penguatan fungsi Jawa Barat sebagai penghasil pangan nasional. Berbagai kucuran dana dikeluarkan untuk membantu kawasan yang dikategorikan miskin dan rawan pangan sehingga bangkit dan memberikan kontribusi bagi kawasan sekitarnya.