71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Memulai usaha dengan hanya satu karyawan dan kini mencapai lebih dari 100 ribu karyawan yang tersebar di gurita bisnis, membuat sosok satu ini jelas memiliki pengaruh kuat. Dibanding konglomerat lain, orang terkaya nomor 5 di Tanah Air ini merengkuh puncak sukses di usia muda, 54 tahun.

 

Rekam jejak CT, sapaan akrabnya, bukan hanya di kancah bisnis. Sebab ia juga pernah dipercaya di bidang pemerintahan. Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, CT dipercaya menjabat Menko Perekonomian, dan menjadi pelaksana tugas dua kementerian: Kementerian Kehutanan dan Kementerian ESDM. Sebelumnya diserahi tugas sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).


Di dunia bisnis, langkah-langkah CT tergolong agresif.  Pada 2010, ia mengambil alih Carrefour, salah satu raksasa ritel asal Prancis. Ia mengambilalih 40% saham, yang berarti menjadi single majority di perusahaan itu.


Pengambilalihan Carrefour dilakukan dalam proses negosiasi yang berlangsung hanya tiga bulan. Itupun terjadi hanya beberapa bulan setelah ia mendirikan Trans Studio, pusat hiburan keluarga di Makassar, yang menambah perbendaharaan bisnisnya, sekaligus mengukuhkan CT Corp sebagai pemain yang disegani di Indonesia.


Membeli Carrefour berarti membeli jaringan bisnis dan jaringan distribusi. Di balik penguasaan Carrefour, CT memiliki misi Merah Putih, yakni membuka pasar selebar-lebarnya bagi produk yang dihasilkan para pengusaha UMKM untuk dapat menembus pasar dunia.


Ia melabrak pakem umum bahwa bisnis dan idealisme tak bisa disatukan. “Saya bilang, no way!  Kenapa? Kalau you bisnis dengan idealisme, maka akan sustain. Kalau you cuma bisnis doang tanpa idealisme, nggak akan bisa sustain.

 

Ini benar, demi Allah, saya ambil Carrefour niatnya baik, yang pasti untuk bangsa ini. I will do everythings untuk make sure bahwa ini bisa jadi alat saya untuk membuat bangsa ini lebih baik,” tandas CT.