71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Sukses di belantara bisnis dan menjadi salah seorang terkaya di Indonesia, tidak membuat Dato’ Sri Tahir lupa daratan. Pendiri Mayapada Group ini mendermakan harta bendanya untuk membantu orang-orang miskin. Ya, Tahir memiliki pengaruh besar dalam berbagai kegiatan sosial di tanah air.

 

Membuat orang lain bahagia dan hidup sejahtera adalah obsesi Tahir. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah mengembangkan wirausaha kecil dan menengah. Melalui  bank yang didirikannya, Bank Mayapada, ia tanpa kenal lelah memacu semangat masyarakat untuk berwirausaha. Bank tersebut memberikan pinjaman dana untuk memperkuat modal masyarakat berwirausaha. Berkat perjuangannya tersebut Tahir mendapat gelar Honoris Causa (HC) atau Doktor Kehormatan dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya beberapa waktu lalu.


Tahir pun menaruh kepedulian pada tenaga kerja wanita (TKW). Ia mengucurkan dana sebesar Rp1triliun untuk pelatihan calon TKW yang akan bekerja di luar negeri.


Kiprahnya yang juga menonjol adalah pada tahun 2014 Tahir mengucurkan dana USD3,27 juta dalam rangka pemberian beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu yang tersebar di sepuluh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu untuk bantuan di dunia pendidikan menengah se-Nusantara, Tahir membeli 10.000 laptop dengan total nilai USD 3 juta bagi lima bintang kelas teratas yang berasal dari keluarga tidak mampu. Ia juga memberi beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa Peking University dan Haas School of Business yang berasal dari Asia Pasifik.


Sementara itu aktivitasnya di bidang kesehatan Tahir membangun rumah sakit Mayapada di Tangerang, Banten, dan Jakarta Selatan. Rumah sakit tersebut mempermudah akses pelayanan bagi orang-orang miskin.


Gebrakannya yang sangat terkenal adalah pada tahun 2013 Tahir memberikan sumbangan sebesar US$ 75 juta untuk The Global Fund untuk melawan TBC, HIV, dan malaria di Indonesia. Ia bermitra dengan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan sosial milik konglomerat Amerika Serikat, Bill Gates. US$ 10 Juta di antaranya digunakan untuk memperluas akses kontrasepsi. Dengan bermitra bersama Bill & Melinda Gates Foundation, sumbangannya dilipatgandakan menjadi US$ 150 Juta.