71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Terpilih sebagai Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur selama dua periode (2010-2015 dan 2016-2021) dengan dukungan 89,43 persen suara, adalah bukti Rita Widyasari merupakan figur perempuan paling berpengaruh saat ini. Prestasinya juga diakui dunia.   

 

Ia berpengaruh bukan karena sekadar putri almarhum Syaukani HR yang tokoh sekaligus  mantan Bupati Kutai Kartanegara. Tapi juga karena jiwa kepemimpinan yang dipadu dengan program kerja yang tulus ia sajikan untuk rakyatnya.

 

Misalnya dengan program “Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera” (Gerbang Raja) yang selama ini telah dijalankan. Tujuan dari “Gerbang Raja” adalah mencapai rakyat Kutai Kartanegara yang maju, mandiri, dan sejahtera.


Gerbang Raja merupakan program pembangunan yang diusulkan Rita ketika terpilih sebagai Bupati Kutai Kartanegara sejak periode pertama. Program ini memiliki beberapa misi untuk memajukan Kutai Kartanegara, seperti pelaksanaan good governance, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memajukan sektor perekonomian dan pengembangan usaha rakyat. Termasuk mengembangkan potensi agribisnis, industri, dan pariwisata, hingga meningkatkan peran maupun  partisipasi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan.


Melalui Gerbang Raja, Rita juga memperkenalkan konsep kesejahteraan untuk masa depan rakyat Kutai Kartanegara. Sejahtera menunjukkan kondisi kemakmuran masyarakat Kabupaten Kukar, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonomi (material) maupun sosial (spiritual) secara adil dan merata. Konsep kesejahteraan dalam program Gerbang Raja menerapkan kebijakan umum pencapaian keseimbangan. Artinya, tidak menghentikan yang besar agar tidak berkembang  dan memberikan dorongan lebih besar kepada yang kecil, agar terus berkembang.


“Ke depan, saya akan terus mewujudkan mimpi dalam membangun Kutai Kartanegara yang tertuang dalam 7 misi program Gerbang Raja, yang tinggal ditambahkan profesional dan mandiri,” ujar Rita Widyasari.


Prestasi sebagai figur pemimpin perempuan yang sukses membangun daerahnya, juga telah diakui internasional. Sekali lagi, ini membuktikan bahwa keterpengaruhannya juga diakui dunia. Sebut misalnya penghargaan internasional Global Leadership Awards 2016 untuk kategori Woman Icon Of The Year dari majalah bisnis asal Malaysia, The Leaders International yang bekerjasama dengan American Leadership Development Association (ALDA).