71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Memimpin organisasi pengusaha paling bergengsi di Tanah Air, menempatkan Rosan sebagai salah satu tokoh dalam daftar ini. Apalagi, grup usaha miliknya, Recapital, kini terus berkibar dan merambah ke mana-mana.

 

Namanya sempat kondang saat bersama pengusaha Erick Tohir dan Handy Soetedjo membeli 70% saham klub Liga Italia, Inter Milan pada 2013. Kiprahnya di dunia bisnis, membuat dipercaya memimpin Kamar Dagang dan Industri atau Kadin. Organisasi yang berperan besar menggerakan roda ekonomi Indonesia.


Sebelumnya, Chairman Grup Recapital ini menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, yang kemudian terpilih menjadi Ketua Kadin periode 2015 – 2020.


Di saat banyak perusahaan ambruk diterjang badai krisis moneter tahun 1997, usaha yang dirintis Rosan bersama Sandiaga Uno dan Elvin Ramli, yakni PT Republik Indonesia Funding malah berkibar. Maklum, usahanya adalah penasihat keuangan, atau menyehatkan perusahaan yang sedang sakit secara keuangan akibat krisis moneter.


Pada 2002, Indonesia Finance berganti nama menjadi Recapital.  Kini bisnis Recapital semakin menggurita, jadi perusahaan besar, terkemuka, dan kompeten dalam hal kerja sama strategis, manajemen aset keuangan dan investor.


Dengan finansial dan perbankan sebagai leading sector, bisnis Recapital terus merambah sektor-sektor lain di bidang industri. Pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media dan komunikasi menjadi sektor yang kini ditangani.


Di sektor finansial, Recapital hadir melalui Recapital Securities, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance (Relife), Recapital General Insurance (Reguard), Bank Pundi. Selain itu, Recapital pun merupakan salah satu pemilik Bank Kesejahteraan Ekonomi dan Capitalinc Investment.