71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Tak berlebihan jika menyebut Eddy Soegoto sebagai salah satu sosok berpengaruh di bidang pendidikan. Betapa tidak, sebagai Rektor dan Pendiri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), ia berhasil membawa kampus yang dipimpinnya meraih prestasi gemilang bukan hanya di kancah nasional melainkan juga di skala global.

 

Meski tidak berlokasi di Ibu Kota Negara, tapi kampus modern bervisi masa depan ini sudah sangat dikenal di beberapa kota dunia. Dikenal karena kehebatan para mahasiswanya di bidang informasi teknologi (IT) khususnya rancang bangun robot dengan teknologi tinggi.


Sejumlah karya mahasiswanya selalu menyabet gelar juara dunia di kompetisi teknologi tinggi pada beberapa Negara, diantaranya TOP 100 Asia University Repositori 2015 (Webometrics); 5 tahun Top 100 Universitas Asia Tenggara (Webometrics); satu-satunya Perguruan Tinggi Indonesia yang dikirim Microsoft ke ajang kompetisi ICT Dunia; World Wide Microsoft Imagine Cup 2015 di Seattle, Amerika Serikat; Indonesia Best Private University 2013; dan Top 3 Nasional Kompetisi Microsoft, Innovation 2016.


Di sisi lain, karya-karya penelitian yang lahir dari kampus ini sudah dipatenkan. Jadi, wajar kalau kemudian kampus ini dilirik oleh sejumlah perusahaan untuk diajak bekerja sama.UNIKOM saat ini memiliki 7 Fakultas dengan 29 Program Studi termasuk Pasca Sarjana, selalu mendorong para dosen dan mahasiswanya agar bisa berprestasi dari sisi keilmuan mereka.


Di balik sukses UNIKOM itulah Eddy Soegoto, Rektor sekaligus pendiri UNIKOM adalah orang yang paling inspiratif dan memberi pengaruh besar bagi perkembangan kampus berbasis IT tersebut.  


Eddy memahami pada bidang apapun, teknologi IT tidak bisa dihindarkan. Hal itu bukan hanya monopoli orang teknik saja, tapi juga sosial, ekonomi, hukum, sastra, dan desain juga sangat dituntut untuk memahami hal ini.


Edy menambahkan, sertifikasi nasional dan uji kompetensi di bidang IT oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi RI itu kini sudah dimiliki oleh UNIKOM, sehingga mampu mendorong elemen penggerak bisnis ini, seperti industri kreatif maupun aplikasi e-commerce. Untuk industri kreatif, Indonesia mempunyai potensi besar, walau saat ini industri game Tanah Air masih didominasi oleh game dari luar negeri.