71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Menjadi salah satu raja media massa nasional sekaligus memimpin sebuah partai politik, jelas menjadikan pengusaha dan politisi Hary Tanoesoedibjo salah satu sosok berpengaruh di negeri ini.

 

Hary adalah pemilik industri media di bawah bendera Media Nusantara Citra (MNC) Group, salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia yang terintegrasi. Media-media yang berada di bawah MNC, antara lain, stasiun televisi RCTI, MNCTV, Global TV, iNews TV, MNC Networks, Global Radio, V Radio, Trijaya FM, media cetak Koran Sindo, Genie, Mom & Kiddie, Realita, HighEnd, HighEnd Teen, Just for Kids Magazine. Belum lagi situs web seperti OkeZone.


Di bawah grup ini juga ada bidang usaha agensi periklanan (PT Cross Media Internasional, PT Mediate Indonesia, PT Multi Advertensi Xambani, PT Citra Komunikasi Gagasan Semesta), manajemen artis PT Star Media Nusantara, hingga perusahaan rekaman (Hits Records), rumah produksi (SinemArt), dan saluran televisi kabel.


Hary bukan orang baru dalam industri media. Saat menjabat Direktur PT Bhakti Investama TBK tahun 1989, ia kerap membeli kepemilikan berbagai perusahaan, kemudian ia benahi dan dijual kembali. Salah satunya, tahun 2000 Hary mengambil alih sebagian saham PT Bimantara Citra TBK dan mengubahnya menjadi PT Global Medicom TBK. Sejak saat itulah Hary fokus terjun dalam dunia media penyiaran dan telekomunikasi.
Kiprahnya dalam dunia usaha, Hary tentu punya pengaruh besar. Sebab, bisnis media yang dirintis olehnya telah menguasai pasar Indonesia. Majalah Forbes pernah menobatkan Hary sebagai Businessman of the Year, orang terkaya nomor lima di Indonesia.


Untuk mendukung usahanya, setiap tahun Hary harus merekrut tenaga kerja baru 1.000 hingga 2.000 orang. Bahkan, saat ini Hary sudah mempekerjakan 30.000 karyawan. Jumlah ini tentu sangat besar, karena Hary harus bisa memberikan jaminan kesejahteraan terhadap seluruh karyawannya. Terlebih, selain bisnis media Hary juga mengembangkan usaha lain dalam bidang properti, perumahan, hotel dan bisnis jasa keuangan yakni MNC Bank.