71 Tokoh Berpengaruh 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2016

Nama Adityawarman tak bisa dilepaskan dari jalan tol di Indonesia. Ia merupakan sosok yang turut berkomitmen terhadap pengembangan jalan bebas hambatan di negeri ini. Karena itulah pemerintah memercayakan Adityawarman memimpin Jasa Marga hingga dua periode.

 

Lebih dari separuh usianya ia sudah curahkan untuk membangun jalan tol di berbagai wilayah di Indonesia. Di bawah kepemimpinannya, selain panjang jalan yang terus bertambah juga terjadinya modernisasi jalan tol seperti diterapkannya pembayaran tol elektronik multibank, penambahan Variable-Massage Signs (VMS) dan Closed-Circuit Television (CCTV) digitalisasi Call Centre Jasa Marga 14080, serta juga integrasi transaksi dengan operator jalan tol lain.


Dengan cara itulah Adityawarman bersama Jasa Marga ikut berperan besar dalam mengisi pembangunan Republik Indonesia yang kini telah berusia 71 tahun.


Dalam pandangannya, di usia negeri ini yang ke-71 tahun, terbukti bahwa pembangunan infrastruktur sejak kemerdekaan Indonesia khususnya pembangunan jalan tol semakin terus meningkat dari tahun ke tahun. “Namun demikian kebutuhan masyarakat akan layanan jalan sedemikian besarnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dimana pertumbuhan lalu lintas lebih tinggi dari pertumbuhan pembangunan jalan baru,” akunya.


Dengan kebutuhan masyarakat akan infrastruktur yang sangat tinggi saat ini, ia tak menampik bahwa pihaknya masih membutuhkan banyak sekali jalan tol-jalan tol baru yang akan dibangun. Sebagai contohnya, jaringan jalan tol di Pulau Jawa masih harus terus digenjot pembangunannya demikian pula di luar Pulau Jawa.


“Trans Jawa sepanjang 1193 km, yang sudah beroperasi sepanjang 523 km. Untuk Jalan Tol Trans Sumatera dibutuhkan 2.865 km dan saat ini beroperasi sekitar 42,7 km yaitu Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa,” paparnya.


Untuk itulah, alumnus Fakultas Teknik Sipil Universitas Diponegoro, Semarang ini berobsesi agar cita-cita kemerdekaan yang dicanangkan oleh Proklamator RI untuk menciptakan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dapat terwujud. “Oleh sebab itu yang pertama, melalui Jasa Marga saya berobsesi agar Jasa Marga terus dapat melakukan percepatan pembangunan jalan tol di Indonesia yang menurut hemat saya mempunyai peran penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan konektivitas dan menciptakan lapangan kerja,” tekadnya.