Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Dari pabrik susu rumahan yang dikelola di Bandung, Jawa Barat, pada 1958, perusahaan terus berkembang menjadi perusahaan minuman sehat terbesar di Indonesia. Ultrajaya sukses memadukan sumber daya alam alami berkualitas baik dengan teknologi tinggi.


Tak heran jika kurang lebih 10% produksi perusahaan ini diekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.


Unggul sebagai leader produsen produk susu cair segar (dengan proses UHT) dan juga minuman siap  saji, bisnis usaha minuman yang dirintis Ultrajaya memang “tidak ada matinya”. Terbukti, meski terjadi pelambatan ekonomi dalam kurun waktu tahun 2015, perusahaan ini tetap  mencatatkan kinerja yang positif hingga kuartal III 2015.


Salah satu faktor peningkatan kinerjanya adalah penjualan yang tahan krisis, harga susu tanpa lemak (skim milk) yang lebih rendah, dan penurunan utang. Hingga September 2015, perseroan mencatatkan penjualan Rp 3,27 triliun, tumbuh 13,54% YoY. Sedangkan laba bersih tercatat Rp 393,55 miliar, melonjak 90,9% dari sebelumnya Rp 206,14 miliar.


Dengan jaringan distribusi yang luas membuat produk-produknya mudah diakses oleh masyarakat Indonesia. Di sisi lain, komitmen tinggi perusahaan ini kepada konsumen, menjadi motivator untuk selalu meningkatkan nilai kepada para stakeholder  serta bisa mempertahankan dan memelihara posisi Ultrajaya sebagai pemimpin di industri ini.


Kemampuan lain yang pantas diapresiasi adalah aktif membuat terobosan baru demi meningkatkan efisiensi produksi, dan mengintegrasikan proses produksi dengan tujuan memaksimalkan sumber daya
yang ada.