Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

 

Boleh disebut dialah walikota yang paling pandai memanjakan dan melayani warganya. Mulai dari pendidikan gratis semua jenjang, hingga biaya nikah dan persalinan gratis. Pada Pilkada Serentak 2015, ia pun meraih 92,04% suara, tertinggi kedua untuk keseluruhan pilkada di Indonesia.


Saat menjabat Walikota Blitar pada periode sebelumnya, 2010 – 2015, ia fokus pada bidang pendidikan dan teknologi informasi. Inovasi-inovasi dilakukan untuk meratakan pendidikan di wilayahnya. Ia menggagas pendidikan gratis hingga semua jenjang. Samanhudi juga menyediakan angkutan sekolah gratis antar jemput. Ia mewajibkan warganya melek teknologi, dan menyediakan jaringan wifi di seantero kota, mulai dari area perkantoran hingga kawasan publik.


Bukan hanya itu, Samanhudi menggagas program-program bagi ibu hamil, mulai dari jatah vitamin dan konsultasi kehamilan gratis, hingga biaya persalinan ditanggung pemkot. Beragam fasilitas gratis lainnya juga diberikan, antara lain, program nikah, santunan janda, hingga jatah beras setiap bulan.


Di bawah kepemimpinannya, Blitar diganjar beberapa penghargaan, antara lain, kota dengan laporan keuangan terbaik pada 2014, dan penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 dari Kementerian Dalam Negeri RI bidang Sanitasi Sektor Air Limbah.