Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Tri Rismaharini adalah wanita pertama yang terpilih sebagai walikota Surabaya sepanjang sejarah, dan merupakan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulangkali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia. Risma berhasil menata kota Surabaya menjadi lebih asri, lebih hijau, lebih segar, dan tertata dengan baik dibandingkan sebelumnya.


Di bawah kepemimpinannya, kota Surabaya berhasil meraih beragam penghargaan bergengsi. Contohnya, Adipura empat tahun berturut-turut (2011-2014). Surabaya juga menjadi kota terbaik se-Asia Pasifik pada 2012 versi Citynet, atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi rakyat dalam mengelola lingkungan.


Penghargaan tingkat Asia Pasifik lainnya, Future Government Awards 2013. Taman Bungkul hasil karyanya meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari PBB sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013.
Pada Februari 2014, Risma dinobatkan sebagai Mayor of the Month atau walikota terbaik di dunia untuk bulan Februari 2014. Yang juga membanggakan, Surabaya meraih penghargaan Socrates Awards dari European Business Assembly (EBA).


Risma juga dinobatkan sebagai walikota terbaik ketiga di dunia versi World City Mayors Foundation. Keberanian Risma dalam menutup kawasan lokalisasi terbesar di Asia Tenggara yaitu Gang Dolly, juga mendapat banyak pujian.