Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Angin segar ditiupkan Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika menyebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai lembaga terbaik yang diakui masyarakat dunia. Hal itu tak lepas dari upaya BNPB yang cekatan dalam setiap upaya penanggulangan bahaya di sejumlah wilayah Indonesia yang memang rawan bencana.


Kini beragam terobosan dilakukan BNPB agar kinerja ke depan semakin maksimal. Di antaranya menggaet Bank Dunia dan Caritas Germany guna bekerjasama di tahun 2016.


Pilihan Presiden Joko Widodo kepada Willem Rampangilei sebagai Kepala BNPB tampaknya tak salah. Ragam portfolio yang dimiliki eks Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado dan Kalimantan Timur, ini, sejalan dengan tugas BNPB.


Mantan Deputi 1 Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang membidangi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial, ini, dinilai layak karena memiliki visi baik tentang upaya penanggulangan bencana.


Tak menunggu lama sejak pelantikannya, Willem bertemu perwakilan Bank Dunia membahas tentang peluang kerjasama di tahun 2016. Peluang kerjasama ini mendiskusikan bagaimana pengalaman baik seperti pascabencana tsunami Aceh, gempa bumi dan erupsi Merapi Yogyakarta dapat direplikasikan di daerah bencana lain di Indonesia, dengan mempertimbangkan kondisi budaya dan lingkungan setempat. Terakhir, BNPB juga meneken MoU dengan Caritas Germany.