Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

 

Anak muda ini sukses menunjukkan bahwa usia bukanlah halangan untuk menunjukkan kapasitas dan kemampuan sebagai pemimpin. Sukses memimpin Kabupaten Tanjung Jabung Timur (2010-2015), ia pun maju sebagai calon Gubernur Jambi pada Pilkada Serentak 2015. Hasilnya, dialah peraih suara terbesar (60,23%) untuk seluruh pemilihan gubernur.


Sebelum maju ke Pilkada Gubernur Jambi 2016/2021, Zumi Zola Zulkifli adalah orang nomor satu di kabupaten Tanjung Jabung Timur. Ia berhasil melakukan terobosan selama memimpin wilayah yang dikenal dengan struktur tanah bergambut tersebut.


Ia sukses menyelesaikan 23 kasus sengketa lahan di tahun pertama kepemimpinannya. Atas keberhasilan ini, Mendagri mendaulat Pemkab Tanjabtim menjadi pembicara utama di hadapan seluruh gubernur, bupati, walikota se Indonesia terkait konsep penyelesaian sengketa lahan.


Ia juga menyegel sumur pengeboran minyak milik PT Petrochina Jabung Ltd yang merupakan salah satu perusahaan raksasa di Provinsi Jambi karena tidak memiliki kelengkapan izin. Upaya membuka keterisolasian daerah dengan kondisi anggaran daerah yang minim, dengan program satu eksavator satu kecamatan, berhasil menghemat anggaran daerah hingga Rp 15 Miliar per tahun.


Zumi satu-satunya Bupati di Propinsi Jambi yang membuat kebijakan pro rakyat, dengan menekan belanja pegawai di APBD hingga tak lebih dari 40%, dan 60% porsi lainnya bagi pembangunan dan masyarakat.