Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Lima tahun memimpin Denpasar, ia begitu fokus pada pengembangan UMKM di wilayahnya. Ia pun meraih anugerah Upakarti dari pemerintah pusat. Pilkada Serentak 2015 membuktikan hasil kerjanya, dengan prosentase perolehan suara 82,20%.


Walikota yang akrab disapa Rai Mantra, ini, menerima penghargaan Upakarti dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono atas dasar kepedulian dan keberhasilannya dalam mengembangkan UMKM di kota Denpasar selama periode sebelumnya (2010 – 2015).


Rai Mantra memang memiliki komitmen tinggi dalam mengembangkan UMKM di kota Denpasar. Hal itu dapat dilihat juga dari pertumbuhan UMKM dan penyerapan tenaga kerja yang sangat tinggi.


Pada 2010 jumlah UMKM sebanyak 3.624, meningkat menjadi 3687 pada 2011, dan 3718 pada 2012. Ia bahkan tak segan turun langsung jika ada masalah atau kendala yang dihadapi UMKM. Jika itu terjadi, dengan sigap ia memetakan masalah, kemudian mencari solusinya.


Ia sangat fokus membina wirausaha muda pemula dengan membuka akses seluas-luasnya untuk permodalan, pembinaan manajemen, marketing, dan fasilitas lainnya hingga mengirim para wirausaha muda yang memiliki potensi, semangat, serta dedikasi tinggi ke Rhenald Kasali School For Enterpreneurship, di Bekasi, Jawa Barat.


Mereka juga diberi kesempatan tampil memamerkan keberhasilannya melalui ajang pameran Detik Festival dan Denpasar Festival, bahkan ke tingkat nasional.