Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Selasa, 12 Januari 2016 lalu, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Riau, menyerahkan hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup (PROPER) tahun 2014-2015 kepada sejumlah perusahaan di Riau. Salah satu penerimanya, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).


RAPP menerima hasil penilaian berupa PROPER Biru. Dasarnya, perbaikan kegiatan operasional perusahaan yang patuh terhadap aturan pemerintah serta ramah lingkungan.


Perusahaan yang berbasis di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelelawan, Provinsi Riau ini, punya kapasitas produksi bubur kertas sebesar 2,8 juta ton per tahun, serta kertas 850 ribu ton tiap tahun. Sebanyak 70 persen produknya diekspor dan menjamah lebih dari 75 negara di dunia.


Perseroan berencana menaikkan jumlah negara tujuan ekspor menjadi 85 persen ke Uni Eropa serta negara-negara di Asia Pasifik termasuk Australia dan Cina. Tahun ini, Tony menargetkan pembangunan pabrik kertas senilai Rp 4 triliun di Pelelawan, Riau, yang mulai beroperasi pada September tahun ini.


Tony juga memastikan perusahaan telah menerapkan program penanganan kebakaran. Semisal program Desa Bebas Api atau Free Fire Village (FFV), serta menggelar pelatihan bagi masyarakat melalui program Masyarakat Peduli Api (MPA). Program tersebut, diterapkan di sembilan desa dalam wilayah operasional perusahaan. Hasilnya, sembilan desa bebas dari kebakaran.