Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Dua tahun menduduki jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Anies Baswedan telah melakukan sejumlah langkah strategis dalam upaya memajukan sekaligus meningkatkan martabat dunia pendidikan nasional.


Langkah tersebut antara lain mengenai penentuan kelulusan yang dikembalikan sepenuhnya kepada sekolah dan guru sehingga Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi penentu kelulusan.      


Selain itu, di era kepemimpinan Bapak Anies Baswedan, dunia pendidikan nasional terjadi penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan. Ini ditandai dengan antara lain dikeluarkannya Surat Edaran (SE) ditiadakannya perploncoan bagi murid baru.


Dilakukan peningkatan mutu dan akses seperti reformasi Ujian Nasional 2015, evaluasi K13, program wajib belaar 12 tahun, program Indonesia Pintar, gerakan PAUD berkualitas, dan guru garis depan.


Selain itu juga adanya upaya peningkatan efektivitas birokrasi dengan tolok ukur pembentukan struktur baru Kemendikbud, dan seleksi terbuka pejabat Kemendikbud, registrasi cagar budaya dan program lainnya.