Obsession Award 2016

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 25 February 2016

 

Catatan gemilang ditorehkan oleh Irwan prayitno selama memimpin Sumatera Barat periode 2010-2015. Ia berhasil mendorong berbagai pemberdayaan masyarakat, peningkatan SDM, agama, hingga peningkatan infrastruktur.
Irwan Prayitno juga berperan aktif ikut menciptakan stabilitas, keamanan, dan ketertiban masyarakat. Ia mendorong terbentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama di kabupaten dan kota di Sumbar.


Ia juga berhasil menyelesaikan pembangunan Jalan Kelok 9 pada tahun 2013 setelah terbangkalai selama lebih dari 6 tahun. Sementara proyek Rail Bus Airport Minangkabau yang menghubungkan bandara dengan pusat kota Padang, yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit, pun tuntas. Proyek Kereta Api Trans Sumatera ke arah Pekanbaru melalui Sijunjung, dan masih banyak lagi proyek infrastruktur lain, terus dipercepat.


Irwan berhasil memimpin Sumatera Barat untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam skor kepatuhan terhadap UU yang mengatur perihal Pelayanan Publik dari Ombudsman RI pada tahun 2014. Ia juga meraih penghargaan Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal laporan keuangan dari BPK selama 3 kali berturut-turut.


Selain itu, Inklusif Award tahun 2014 dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan atas kemampuan Sumatera Barat dalam menerapkan pendidikan inklusif di berbagai area, serta penghargaan bidang pariwisata dari Kementerian Pariwisata berupa The Most Improved Travel Club Tourism Award di tahun sama. Atas semua capaian itu, Pada Pilkada Serentak 2015, Irwan Prayitno berhasil meraih suara rakyat dengan prosentase suara terbanyak 58,57%.