Tokoh Berpengaruh 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2017

Sebagai salah satu pemimpin daerah jelas keberadaan Rita Widyasari sangat berpengaruh bagi masyarakat dan daerah yang dipimpinnya, Kutai Kartanegara (Kukar). Terlebih, Rita bisa memimpin Kukar dengan sangat baik. Ia berhasil menyulap Kukar menjadi daerah yang maju di segala bidang, seperti pendidikan, kesehatan, perekonomian hingga pariwisata.


Melalui program ‘Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera’ (Gerbang Raja), Rita memiliki visi misi untuk mencapai rakyat Kukar yang maju, mandiri, dan sejahtera. Bukan sekadar jargon dan bukan pula sekadar lips service. Rita berhasil membuktikannya dengan melakukan pembenahan dan memajukan Kukar di segala sektor.


Di bidang pendidikan misalnya, Peraih PhD (doktor of philosophy) dari Universitas Utara Malaysia (UUM), ini telah melaksanakan berbagai program kegiatan pendidikan yang terbaik di daerahnya. Kualitas para guru yang merupakan ujung tombak pendidikan di Kukar juga menjadi perhatian yang utama baginya. Tak tanggung-tanggung, guna mendukung pekerjaan para guru, Rita bahkan memberikan laptop kepada semua guru yang ada di Kukar. Ia pun memperjuangkan rumah untuk para guru.


Masih banyak lagi pengabdian dan dedikasi yang diberikannya untuk para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Selain insentif besar, Rita juga bekerjasama dengan Cambridge University dalam hal peningkatan kualitas guru. Menurutnya, penguasaan Bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting di era ini. “Bukan untuk sekadar gagah-gagahan. Saya ingin memberikan pendidikan yang baik karena Kukar ingin menjadi destinasi pariwisata, sehingga Bahasa Inggris tidak lagi menjadi bahasa asing, tapi sudah menjadi bahasa kedua kita seperti Bali,” terangnya. Selain itu, masih di bidang pendidikan, Rita juga memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.


Di bidang kesehatan, Rita banyak membangun fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas hingga Rumah Sakit besar yang tentunya bermanfaat untuk warga Kukar. Keberhasilannya di bidang kesehatan bahkan diakui pemerintah, Rita menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) RI untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parikesit Tenggarong sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan katagori Sangat Baik. Ia juga membuat program 1 desa 1 bidan dan 1 perawat.


Sementara di sektor pariwisata, Pemerintahan Kukar berhasil mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia dengan agenda tahunan Festival Adat Budaya Erau Kukar yang sudah masuk agenda nasional. Keberhasilan tersebut membuahkan hasil dengan dinobatkannya Erau sebagai Festival Budaya Terpopuler di Indonesia dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).