Tokoh Berpengaruh 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2017

Meski belum menginjak 3 tahun memimpin Makassar, Sosok Mohammad Ramdhan Pomanto sebagai kepala daerah sudah dikenal orang banyak tidak hanya di tataran nasional tapi sampai Internasional. Terbukti, banyak negara-negara tetangga yang tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.


Keberhasilannya menyelenggarakan pertemuan Asean Mayor Forum (AMF) 2015 di Makassar, pria yang akrab disapa Danny ini, mendapat apresiasi dari puluhan kepala daerah se-Asia Tenggara di ajang tersebut karena berhasil memberdayakan masyarakat lewat program Lorong Garden (Longgar). Program yang berfokus pada upaya penghijauan lorong (gang) pemukiman penduduk di Kota Makassar.


Atas kerja kerasnya itulah banyak negara-negara tetangga yang tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, salah satunya adalah Australia yang tertarik dengan potensi yang dimiliki kota tersebut. Bahkan Australia merayakan hari nasional atau Australia Day di Makassar.


Prestasinya dalam memimpin Makassar tidak diragukan lagi, perannya sudah banyak dilakukan oleh pria kelahiran 30 Januari 1964 ini, seperti Makassar Smart Card menjadi kartu pintar pertama di Indonesia bahkan di dunia yang menyatukan fungsi cashless dan privat, kartu berbasis android tersebut tidak hanya memudahkan pajak dan urusan kependudukan, tetapi juga mer-record data kesehatan (medical record) setiap warga.


Dalam melayani warga Makassar, sosok Danny juga nampaknya tidak setengah hati. Contohnya pada perayaan HUT Makassar ke-408, Danny langsung turun ke jalan memberikan makanan untuk para petugas kebersihan dan membantu para petugas itu menyapu jalanan di sekitar Pantai Losari. Selain itu, untuk menyadarkan warganya akan kebersihan, Danny rela membersihkan drainase atau comberan di sepanjang kanal Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso, Kota Makassar.


Melihat ketulusan Danny, warga Makassar merasa tersetuh hatinya dan ikut membantu Danny dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. Alhasil, Kota Makassar pun menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia dan Kota Daeng ini pun menerima penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).


Tidak hanya itu, gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerapkan lelang jabatan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Danny sudah menerapkannya terlebih dahulu. Bahkan untuk melelang kursi kepala sekolah, Danny rela melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sekolah-sekolah guna memantau transparansi lelang tersebut dan langsung memantau fasilitas sekolah apakah sudah baik untuk kegiatan belajar-mengajar atau tidak.