Tokoh Berpengaruh 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2017

Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72, Majalah Men’s Obsession yang konsisten menampilkan profil tokoh-tokoh berprestasi dan inspiratif, kembali menghadirkan edisi “72 Tokoh Berpengaruh Indonesia 2017”.


Sudah sejak beberapa bulan sebelumnya kami menyusun daftar tokoh-tokoh nasional yang memiliki nilai dan prestasi tersendiri sehingga memberi pengaruh besar tidak hanya kepada bangsa dan negara tapi setidaknya bagi lembaga atau organisasi yang dipimpinnya baik dari sisi politik, ekonomi, hukum dan keamanan, sosial budaya, maupun keagamaan.


Mereka, para tokoh-tokoh tersebut, berasal dari berbagai latar belakang. Para tokoh ini kami nilai memiliki peran dan pengaruh besar bagi khalayak luas. Baik karena aspek ketokohannya, penguasaan sumberdaya ekonomi yang dimiliki, maupun karena predikat jabatan atau kedudukan yang diembannya.


Tentu saja kami memahami, masih sangat banyak tokoh di negeri ini yang juga layak masuk dalam daftar. Namun jumlah 72 kami pilih untuk menyesuaikan dengan momentum usia Republik Indonesia. Kami juga mengakui bahwa penyusunan daftar bersifat subyektif, sehingga boleh disebut sebagai daftar tokoh berpengaruh versi Men’s Obsession.


Meski demikian, penyusunan daftar sudah melalui tahap seleksi ketat dan perdebatan sengit di dapur redaksi. Kami yakin, peran dan pengaruh besar mereka akan mewarnai
wajah Indonesia di masa mendatang.