Obsession Awards 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 31 March 2017

Naskah: Indah Kurniasih, Foto: Istimewa

Sejak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, sosok Susi Pudjiastuti tak pernah sepi dari pemberitaan media. Tentunya pemberitaan atas keberhasilan kinerjanya. Pada tahun 2016 dan 2017 ini, ia kembali menorehkan pencapaian yang luar biasa. Misal, keberadaannya sebagai Komandan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (illegal fishing) atau Satgas 115 yang mampu meningkatkan  Produk Domestik Bruto (PDB) Perikanan tumbuh hampir 40 persen dari sebelumnya. Nilai Tukar Nelayan sebesar 102 tahun 2014, sekarang naik menjadi 110. 

 

Di sisi lain, ia mampu membangkitkan kesadaran bahwa sumberdaya yang ada di laut sangatlah penting. Bahkan, kesehatan laut juga berperan penting terhadap perubahan iklim dan nutrisi manusia.


Di era kepemimpinannya, ia juga akan fokus menertibkan kepemilikan pulau-pulau kecil dan terluar yang ada di Indonesia. Ia tegas akan melakukan pendataan dan pemetaan pada pulau-pulau yang saat ini dikuasai oleh pihak-pihak swasta. Ini dilakukan dengan melakukan sertifikasi aset negara pada pulau-pulau tersebut bersama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).


Tak hanya itu, di bawah nakhoda Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga mampu mencetak rekor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tertinggi sepanjang sejarah. Tahun 2016 lalu, PNBP sektor kelautan dan perikanan menyentuh angka Rp 360,86 miliar. Angka itu meningkat pesat dari PNBP 2015 yang hanya Rp 77,49 miliar.


Produksi perikanan tangkap selama 2016 juga menunjukan kenaikan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, produksi perikanan tangkap mencapai 6,83 juta ton atau sebesar Rp 125,38 triliun. Angka itu naik dibandingkan dengan tahun 2015 yang sebesar 6,77 juta ton senilai Rp 122,4 triliun.


Selain dikenal sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, ibu dari tiga anak ini juga dikenal sebagai pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product, yakni perusahaan yang bergerak di bidang eksportir produk-produk hasil perikanan, dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan sekitar 50 pesawat maskapai penerbangan Susi Air dan mempekerjakan sekitar 185 pilot.


Pencapaian yang Susi torehkan tak sampai di situ. Beberapa tahun terakhir, beragam penghargaan berhasil ia sabet. Bahkan dua di antaranya adalah penghargaan bertaraf internasional. Seperti penghargaan Leaders for a Living Planet Award yang diberikan oleh World Wildlife Fund for Nature (WWF) pada September 2016 lalu. Penghargaan ini diberikan atas kemampuannya memberantas penangkapan ikan tidak sah terutama oleh armada-armada kapal asing. Tidak hanya itu, penghargaan ini juga diberikan untuk mengapresiasi kinerjanya dalam menjaga kesehatan laut Indonesia.