Obsession Awards 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 31 March 2017

Naskah: Giattri F.P., Foto: Istimewa

Dialah CEO terbaik di industri telekomunikasi Indonesia saat ini. Berbagai lembaga bergengsi mengakui dan memberikan apresiasi untuk tangan dinginnya mengantar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mencapai kinerja cemerlang. Di lantai bursa, saham Telkom terus bersinar dalam beberapa tahun terakhir.

 

Kurang lebih 3 tahun kepemimpinan Sang Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, arah bisnis Telkom Group telah menunjukkan progres yang signifikan. Sejumlah keberhasilan yang diraih mampu mendongkrak nilai pasar (market capitalization). Ambil contoh, jika pada 2014 market capitalization Telkom Group mencapai Rp 288,8 triliun, maka tahun 2015 terus mengalami pertumbuhan hingga menembus angka Rp 312,9 triliun. Melebihi target Rp 300 triliun yang telah dicanangkan. Terakhir, hingga akhir 2016, market capitalization Telkom Group tumbuh 28,18% menembus Rp 401,8 triliun. Pertumbuhan kapitalisasi pasar Telkom tersebut jauh melampaui rata-rata Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pada periode tersebut tumbuh 15,3%.


Tahun 2016, Alex kembali mengantar Telkom sebagai satu di antara 11 perusahaan berkinerja terbaik, dengan predikat IDX Best Blue, berdasarkan penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada penutupan 2016, Telkom tercatat sebagai pemilik kapitalisasi pasar terbesar untuk sektor telekomunikasi di BEI, sekaligus terbesar kedua secara keseluruhan.


Kepemimpinan Alex juga yang kemudian membuat perusahaan ini tumbuh triple double digit di sepanjang tahun 2016 dengan membukukan pendapatan sebesar Rp 116,33 triliun (naik sebesar 13,5% Year of Year-YoY), EBITDA sebesar Rp 59,50 triliun (tumbuh sebesar 15,7% YoY), dan laba bersih Rp 19,35 triliun naik sebesar 24,9% di banding tahun sebelumnya.


“Pencapaian  triple double digit growth ini merupakan prestasi luar biasa yang belum pernah diraih Telkom Group dalam 9 tahun terakhir,” ucap Alex.


Alex menuturkan, kinerja keuangan yang baik tersebut didukung oleh bisnis data, internet & IT yang meningkat pesat sebesar 31,5 % dibandingkan 2015 dan memberikan kontribusi sebesar 37% dari total pendapatan 2016.
“Peningkatan ini menunjukkan hasil upaya Telkom dalam melakukan transformasi perusahaan sebagai digital telco company,” ujar peraih Indonesia Most Admired CEO 2016 Kategori Telekomunikasi.


Telkom Group juga mampu melakukan pengembangkan bisnis. Salah satunya melakukan ekspansi ke pasar internasional (International Expansion). Saat ini TelkomGroup telah memiliki 10 (sepuluh) footprint yakni Singapura, Hongkong, Timor Leste, Australia, Malaysia, Amerika Serikat, Myanmar, Taiwan, Macau dan Saudi Arabia Tahun 2017, kinerja saham Telkom akan semakin cemerlang. Hal itu tak lepas dari tren bisnis di tahun ayam api ini yang semakin dominan bergeser ke arah digital, sehingga akan mendorong profitabilitas perusahaan di sektor telekomunikasi, khususnya Telkom.