Obsession Awards 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 31 March 2017

Naskah: Giattri F.P., Foto: Sutanto/Istimewa

Dialah sosok yang sukses mengawal PT Bank Tabungan Negara (Bank BTN) Tbk. bertransformasi dan naik kelas. Melalui transformasi bisnis, infrastruktur, dan human capital (SDM), Bank BTN semakin mendekati world class company. Komitmen teguh bank berkode emiten BBTN ini dalam mendukung penuh program pemerintah pun layak mendapat apresiasi tinggi.

 

Sejak beberapa tahun lalu, Bank BTN ini telah melakukan transformasi. Di bawah nakhoda Maryono, Sang Direktur Utama Bank BTN, perseroan telah mencanangkan roadmap transformasi yang bertujuan meningkatkan dominasi Bank BTN di sektor pembiayaan perumahan dan menjadikan sebagai bank terdepan dengan layanan kualitas dunia.


Maryono mengungkapkan untuk transformasi bisnis perbankan ada tiga periode yang dilakukan. Pertama, tahapan survival periods yang sudah dilalui pada 2013-2015. Tahapan kedua digital banking periods yang sejak 2015 telah dijalankan.


Terakhir, tahapan global-playership periods untuk menghadapi persaingan global. Maryono mengungkapkan, untuk transformasi infrastruktur, Bank BTN akan mengembangkan layanan digital banking untuk lebih mempermudah pelayanan kepada nasabah. Penerapan layanan digital banking telah dilakukan BTN pada tahun lalu dengan membuka gerai smart branch.


Untuk transformasi people atau human capital dimaksudkan perseroan agar proses kredit yang dilakukan Bank BTN bisa lebih cepat. Selain itu, SDM Bank BTN juga harus mengedepankan good corporate governance (GCG), sehingga proses transformasi yang dilakukan perseroan bisa berjalan lancar.


“Sebagai komitmen melaksanakan Program Sejuta Rumah, kami juga menerapkan program 5 Siap, yakni siap dari aspek SDM, siap teknologi, siap proses bisnis, siap pendanaan dan suplai rumah,” tegas Maryono.
Menurut Maryono, transformasi yang dilakukan tersebut harus diakui telah membuat kinerja perseroan cemerlang dan membuat Bank BTN naik ke kelas yang lebih baik.


Berkat dedikasi Maryono, pada Rapat Umum Pemegang Saham tahunan (RPUST) Bank BTN, yang digelar di Menara BTN pada 17 Maret lalu, ia kembali ditunjuk sebagai Direktur Utama bank berplat merah itu.


Bank BTN sukses memainkan perannya sebagai pemain utama dalam pembiayaan perumahan nasional. Di tengah kelesuan sektor properti pada 2016, Bank BTN pun tetap berhasil menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) dalam rangka program Sejuta Rumah. Rinciannya yakni penyaluran KPR ( mortgage disbursed) untuk 209.395 unit dan dukungan konstruksi untuk 386.171 unit.