Obsession Awards 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 31 March 2017

Naskah: Giattri F.P., Foto: Istimewa

Eksistensi Muliaman Darmansyah Hadad sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK, telah mengantarkan lembaga itu mendapatkan apresiasi yang positif. Sebut saja kemampuan dalam meningkatkan kinerja di industri pasar modal Indonesia yang telah menorehkan kesuksesan pada 2016 lalu dengan peningkatan IHSG 15,32 persen (year to date) dan ditutup di level 5.296,7.

 

Keberhasilan OJK di bawah kepemimpinan Muliaman, begitu ia kerap disapa, juga terlihat dalam memajukan ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) di bawah program integrasi ekonomi ASEAN. Maka tak ayal, ia pun diganjar penghargaan “Distinguished Alumni Award 2016” dari Universitas Monash Australia atas kontribusi signifikan yang diberikannya selama ini dalam perkembangan Sektor Jasa Keuangan di Indonesia.


Hasil kerja nyata Muliaman di OJK sejak dipercaya mengelola OJK pada 2012 lalu, pun berhasil mengantarkannya meraih banyak apresiasi. Di antaranya Pada Mei 2016 lalu, ia meraih penghargaan Global Good Governance (3G) untuk kategori Government and Politics-Civil Service Award dari Cambridge IF Analytica.


Penghargaan itu diberikan karena ia dinilai telah menjadi inspirasi dalam upaya menjunjung tinggi aspek profesionalisme dan mendorong penerapan tata kelola yang baik pada area pelayanan publik. Ia juga terpilih sebagai salah seorang dari 71 Tokoh Berpengaruh di Indonesia 2016 dari Majalah Men’s Obsession.


Pria yang aktif berorganisasi ini mengungkapkan, penghargaan tersebut tidak hanya pengakuan untuk kerja pribadinya, tetapi juga merupakan pengakuan atas komitmen kuat OJK dalam meningkatkan praktik good governance di Indonesia.


Menurut Muliaman, keberhasilan suatu perusahaan tidak semata-mata berdasarkan prestasi kinerja keuangannya saja, tetapi juga implementasi dari good governance. “Fokus OJK pada penerapan governance ini sama intensifnya dengan fokus OJK pada penguatan aspek keuangan,” tegasnya.


Muliaman terus mengembangkan berbagai inisiatif dan pengaturan untuk meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik di Indonesia yang telah menjadi prioritas utama OJK. Praktik tata kelola perusahaan yang terus disempurnakan akan memberi banyak keuntungan bagi perusahaan di Indonesia, termasuk peningkatan daya saing, peningkatan kepercayaan investor dan mengurangi biaya modal.


Ya, kinerja cemerlang secara konsisten dilakukan OJK, lihat saja beberapa materi program dan pencapaian OJK sepanjang tahun 2016 baik dalam upaya mendukung stabilitas sektor jasa keuangan, mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan melindungi kepentingan konsumen.