Kiprah Kabinet Kerja Di 73 Tahun kemerdekaan Sebuah Pencapaian

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 31 October 2014

Naskah: Giattri F.P. Foto: Istimewa

Sebagai salah satu bank yang jadi motor bisnis keuangan syariah di Tanah Air, PT Bank BRIsyariah mampu membantu perekonomian Indonesia dari segi perbankan, di bawah nahkoda Moch. Hadi Santoso, BRIsyariah sukses mencatatkan pertumbuhan laba bersih setelah pajak pada bulan Mei 2018 sebesar Rp96,31 miliar.

 

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 85,16% dibanding posisi bulan Mei 2017 sebesar Rp52,02 miliar. Peningkatan laba bersih tersebut utamanya ditopang dari pendapatan operasional perseroan yang menembus angka Rp1,24 triliun. Selain itu, total aset perseroan juga mencatatkan peningkatan cukup deras pada bulan Mei 2018, yaitu mencapai 21,41% year on year (yoy) menjadi Rp35,72 triliun dari sebelumnya Rp29,42 triliun pada bulan Mei 2017. Peningkatan aset tersebut didorong oleh pertumbuhan pembiayaan perseroan menjadi Rp20,42 triliun atau tumbuh sebesar 11,5% secara yoy dibandingkan bulan yang sama tahun lalu Rp 18,31 triliun. Di sepanjang 2017 silam, BRIsyariah berhasil mencatatkan pertumbuhan aset dua digit, yakni 14% menjadi Rp31,54 triliun dibandingkan tahun 2016 hanya mencapai Rp27,68 triliun.

 

Tahun 2017, BRIsyariah juga mampu meningkatkan pencadangan pembiayaan lebih dari Rp1 triliun dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp17,9 triliun menjadi Rp19 triliun. Pembiayaan tersebut tercatat naik 6,14% yoy. Dengan demikian, anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini mampu meningkatkan penyaluran pembiayaan perusahaan seperti pada sektor infrastruktur, selain juga untuk menambah berbagai produk kredit konsumen. Sehingga penguatan permodalan akan menambah fleksibilitas sumber pendanaan perusahaan untuk ekspansi, dan mendorong majunya industri syariah di Indonesia sendiri dengan menjadi kustodian berbagai transaksi di sektor syariah di dalam negeri, seperti pariwisata dan manufaktur. 

 

Dalam mendorong pertumbuhan perbankan Syariah Indonesia, BRISyariah di tangan Hadi berperan aktif untuk membuka akses perbankan syariah kepada seluruh lapisan masyarakat serta mendorong literasi keuangan syariah untuk hijrah bersama menuju 'ethical finance'. Untuk itu, BRIsyariah terus membuka jaringan kantor baru dan jaringan e-channel untuk membangun image bahwa bank syariah memberikan kemudahan dan solusi atas kebutuhan perbankan masyarakat. Sebagai bank syariah retail modern, melalui BRI Syariah, Hadi berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan perbankan syariah yang inovatif dan berbasis teknologi untuk menyentuh kehidupan masyarakat dan keluarga Indonesia.

 

Prinsip perbankan syariah yang mengedepankan kepercayaan, keadilan, menghormati sesama, kebenaran, dan toleransi adalah ruh dari semua kegiatan perbankan BRIsyariah yang membawa manfaat secara lahir dan batin demi memajukan seluruh lapisan masyarakat dan bangsa. BRIsyariah juga terus mengembangkan teknologi informasi untuk penguatan digital banking demi memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah. Hal itu dilakukan dengan peningkatan produk yang sudah ada melalui layanan integrasi dari internet banking BRIS dan mobile banking andalan BRIsyariah yang diberi nama BRIS Online. Aplikasi ini memudahkan nasabah BRI Syariah untuk memanfaatkan layanan perbankan BRI Syariah, di mana saja, kapan saja, melalui perangkat mobile/gadget, tanpa perlu mendatangi kantor BRIsyariah. Aplikasi BRIS Online selain memudahkan nasabah untuk melakukan isi ulang pulsa, bayar tagihan, transfer, juga untuk pembayaran zakat, infak, dan sedekah.