Katalog IIMS 2014: Mobil-Mobil Unggulan

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 19 September 2014
Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 dijadikan ajang oleh BMW untuk memamerkan model baru. Pabrikan asal Jerman ini untuk pertama kalinya membawa sub-brand BMW i dengan membawa model BMW i8.

“BMW i – the Future of Mobility, menandai awal dari sebuah babak baru dalam mobilitas dan akan merevolusi cara seseorang mengemudi,” ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim, di arena IIMS 2014 kemarin.

Karen menerangkan BMW i8 merupakan wujud dari revolusioner masa depan dalam kenikmatan berkendara. Kendaraan ini dirancang untuk menciptakan kendaraan sports plug-in Hybrid yang menawarkan performa tinggi serta efisiensi yang luar biasa.

"Bodinya sangat ringan dan aerodinamis, dengan serat karbon berteknologi sistem penggerak BMW eDrive yang canggih dan sebuah mesin turbi 1,5 liter dan teknologi BMW TwinPower Turbo, serta manajemen energi yang cerdas untuk konsep secara keseluruhan," paparnya.

Mesin pembakaran tiga silinder pada BMW i8 menghasilkan 231 Hp dan menggerakan roda belkang, sedangkan motor listrik 131 hp menarik energi dari bateri lithiom-ion yang dapat diisi soket listrik domestik konvensional, dan mengirimkan tenaganya.

Kendaraan ini memiliki akselerasi kuat dan distribusi tenaga yang dinamis pada tikungan tajam. Kendaraan ini mampu melesat dari 0 sampai dengan 100 km/jam dalam waktu 4,4 detik. "Mobil ini juga memiliki konsumsi 100 km dengan mencapai 2,1 liter atau setara dengan 47,6 km per liter dengan konsumsi listrik 11,9 kWh dengan emisi CO2 sebesar 49 gram per Km," katanya.

BMW i8 adalah kendaraan sport pertama di dunia yang dibangun dengan dasar keberlanjutan di semua prosesnya. Kendaraan dengan kursi 2+2 ini memiliki panjang 4,689mm, lebar 1,942mm, dan tinggi 1,297mm (termasuk fin di bagian atap). Semua dimensi ini merupakan cirri khas dari kap mesin yang panjang, fitur aerodinamis yang terlihat jelas, garis atap yang terbentang, overhang pendek serta jarak sumbu roda yang panjangnya 2,800mm. kombinasi terdepan dari kemampuan sport dan efisiensi diterjermahkan melalui desain dari kendaraan dengan kursi 2+2 dan dengan bahasa desain ciri khas BMW I yang inovatif. Hadir dengan track yang lebar (1,644mm di poros roda depan, 1,721mm di bagian belakang) membuat BMW i8 tampil dinamis yang dihasilkan dari proporsi kendaraan yang sempurna. Gia