Katalog IIMS 2014: Mobil-Mobil Unggulan

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 19 September 2014
TC Subaru selaku distributor mobil Subaru di Indonesia, memboyong tiga jagoan anyar mereka, yakni All-New WRX, WRX STI, dan XV STI Performance Edition, ke Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, 18-28 September 2014.

All-New WRX dan WRX STI adalah sedan ditujukan untuk konsumen yang punya jiwa balap. Revisi desain yang telah dilakukan merambah ke semua sektor dengan tetap mempertahankan tradisi sistem penggerak semua roda khas Subaru yang kental DNA balap.

Subaru membekali All-New WRX dengan mesin boxer 2.0L bertenaga 268 PS yang digabungkan dengan transmisi mode manual lineartronic. Untuk pengendalian, All-New WRX dilengkapi fitur standar Variable Torque Distribution dan sistem kontrol Vehicle Dynamics.

Model andalan dengan spesifikasi lebih tinggi, WRX STI, dilengkapi mesin 2.5L bertenaga 305 PS yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan plus short throw shifting untuk mempercepat perpindahan gigi.

"STI pada Subaru memberikan pengalaman berbeda dalam kenikmatan berkendara dan memberikan sensasi dalam kesempurnaan mengendara karena ia tampil meyakinkan di jalan," ujar Glenn Tan, Direktur Utama TC Subaru di sela-sela peluncuran ketuga mobil anyar ini.

Sementara itu, XV STI Performance Edition adalah jawaban dari meningkatnya permintaan terhadap Subaru XV yang sebelumnya sudah mendarat di Tanah Air. Perbedaan paling kentara dibanding versi standar terlihat dari eksterior yang sudah mendapatkan paket bodi kit STI.

Mobil berjenis crossover ini khusus melayani konsumen yang menginginkan sebuah mobil yang nyaman dan praktis yang mampu memberikan pengalaman mengemudi yang menyenangkan pada setiap medan.

Sayangnya TC Subaru tidak menjelaskan spesifikasi detail dari mobil ini. Tapi di pasar global, varian ini mendapatkan mesin 2.0L Boxer naturally-aspirated bertenaga 150 PS dan torsi 196 Nm.
Selain memukau pengunjung dengan 3 mobil jagoannya, Subaru juga menggelar acara Subaru All Wheel Drive (AWD) Challenge khusus untuk menunjukkan kemampuan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive (SAWD) Subaru. Simulasi AWD ini diadakan di area terbuka yang bersebelahan dengan booth Subaru Hall C.

Menurut Glenn, Subaru AWD Challenge ini didesain khusus bagi pengemudi untuk dapat merasakan langsung teknologi SAWD yang terdiri dari Boxer Engine khas dan All Wheel Drive, melalui atraksi tanpa henti, kestabilan dan kontrol kendaraan dalam berbagai kondisi jalan.

"Para pengunjung dapat mengendarai Subaru melalui berbagai rintangan Cross Rollers, Shell Pits, Side Ramp, Slip Rollers dan X-Mode," ujarnya.

Ia menuturkan semua rintangan tersebut adalah simulasi dari berbagai kondisi jalan yang sulit dilalui, seperti jalan off-road licin, berlumpur dan jalan berbukit.
"Jajaran kendaraan Subaru meliputi BRZ, Exiga, Forester, Impreza, Legacy, Outback, Tribeca dan XV, secara keseluruhan, mereka terkenal sebagai kendaraan pengemudi yang menawarkan kehandalan berkendaraan karena teknologi AWD dan Subaru Boxer yang diikutsertakan ke semua model," tambahnya.

Selain Subaru AWD Challenge, pengunjung juga dapat menyaksikan Acara stunt show yang dilakukan oleh stunt man proffesional yang telah menyabet penghargaan dari Guiness World Records untuk kategori parallel parking, J-turn, fastest tome doing 10 do-nuts. Berlangsung di area open space belakang Hall D pada tanggal 19-21 September 2014, dari pukul 13.00 – 19.00 WIB. Gia