Produk Unggulan Semua APM di IIMS 2013

Oleh: Andi Nursaipul (Administrator) - 19 September 2013
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Fikar Asmy

Setiap penyelenggaraan IIMS, PT Toyota Astra Motor (TAM) selalu saja memukau para pengujung pameran dengan inovasi dan kemegahan boothnya. Seperti biasa, TAM kembali memajang sejumlah mobil konsep masa depan. Di lahan seluas total 2,6 ha (2 booth), TAM juga mamajang sejumlah produk unggulannya.

Di booth kendaraan penumpang, TAM memukau pengunjung dengan kendaraan-kendaraan konsep penuh inovasi. Salah satunya adalah Fun-Vii (Vehicle interactive Internet), kendaraan yang memiliki dinding berupa layar mirip televisi digital.

Seluruh bagian eksterior Fun-Vii ditutupi layar LED (light emiting diode). Dengan teknologi ini, pengendara bisa menampilkan eksterior yang sesuai dengan keinginan dan mood saat berkendara. Tampilan layar disesuaikan melalui perangkat gadget canggih yang terpasang di dashboard.  "Inovasi ini menampilkan hubungan antara pengemudi dan kendaraannya," ungkap Direktur Marketing TAM, Rahmat Samulo.

Bukan hanya itu, sebab Fun-Vii bisa berkomunikasi dengan kendaraan lain melalui jaringan elektronik. Mobil ini pun bisa dikendalikan melalui ponsel pintar. Kendaraan sepanjang 4,02 meter ini digerakkan motor listrik dan mampu menampung tiga penumpang.

Fun-Vii pertama kali diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show pada Oktober 2011 silam. Toyota Fun-Vii lantas muncul kembali di ajang North American International Auto Show, Januari 2012, dengan nama Toyota Diji. Di ajang Paris Motor Show September 2012, Fun-Vii kembali tampil dengan nama berbeda, Toyota iiMo.


Selain Fun-Vii, TAM juga memajang mobil balap hibrida TS030, yang digerakkan mesin berkapasitas 3,4 liter V8 dan motor listrik. Mobil ini adalah wujud mobil sport dengan teknologi ramah lingkungan, dan kemampuannya sudah terbukti di ajang FIA World Endurance Championship Le Mans. Toyota TS030 juga tercatat sebagai mobil balap hibrid pertama di ajang itu.

Booth TAM yang mengusung tema Smart Mobility for Better Tomorrow juga menampilkan 25 mobil lain yang sudah dipasarkan. Di antaranya,  Toyota Agya, Etios VAlco, Avanza, Fortuner, NAV1, Vios, Camry HV, Kijang Innova, Alphard, Rush, Hilux, 86, hingga Prius. Sementara di booth lainnya, Toyota menampilkan Dyna dan HiAce.

Satu hal yang pasti, seperti ditegaskan CEO TAM, Johnny Dharmawan, Toyota senantiasa mencoba memberikan yang terbaik kepada para konsumennya. "Oleh sebab itu, Toyota tak pernah berhenti menerapkan filisofi Kaizen dalam segala aspek, termasuk dalam konteks teknologi dan lingkungan hidup," imbuh Johnny.