13 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 February 2017

Naskah: Popi Rahim, Foto: Dok. Rizki Priya/Istimewa

Tak salah kalau ada yang menilai Elfien Guntoro adalah CEO ‘spesialis’ memoles kinerja  perusahaan. Betapa tidak? PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang semula terus merugi, di bawah nakhodanya perusahaan plat merah ini berhasil mencetak kinerja cemerlang.

 

Elfien yang menjabat Direktur Utama PT Pelni periode 2015-2020 bukanlah wajah baru di jajaran perseroan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia pernah menjadi Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelni semasa kepemimpinan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Tak heran, ia piawai mengatasi permasalahan PT. Pelni hingga keluar dari keterpurukan.


Jika dua tahun lalu PT Pelni mengalami kerugian hingga Rp 634 miliar. Hingga akhir tahun 2016, PT Pelni menargetkan keuntungan sebesar Rp 200 miliar. Target tersebut naik dua kali lipat dibanding capaian pada tahun lalu yang hanya berhasil membukukan keuntungan sebesar Rp100miliar. Elfien optimistis laba tersebut tercapai karena kondisi hingga November 2016 telah mencapai Rp 185 miliar. Optimistis juga dirasakan Elfien memasuki tahun 2017, ia menargetkan laba PT Pelni tembus Rp 305 miliar.


Elfien mengaku, ia sempat menghindar saat ditawari menjadi orang nomor 1 di PT. Pelni karena melihat kerugian yang cukup tajam di tubuh perseroan itu. Namun, ia optimis, kalau didukung dengan kinerja dan integritas yang baik, pasti perusahaan itu dapat kembali berjaya. “Karena ini amanah yang saya harus lakukan,” tegasnya.


Berbagai terobosan juga dilakukan Elfien dalam mengembangkan PT Pelni sehingga  meraih kemajuan yang signifikan. Tentunya hal tersebut ia lakukan dengan penuh perjuangan.