13 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 February 2017

Naskah: Aprilia Rahapit, Foto: Dok. Humas BRI

Asmawi Syam dipercaya memimpin salah satu bank terbesar di Tanah Air, dengan aset yang menembus lebih Rp 1.000 triliun atau lebih tepat Rp.1.003,6 triliun pada Tahun 2016. Pencapaian ini terbilang luar biasa dibawah kepemimpinannya.

 

Pria kelahiran Makassar ini, bukanlah orang baru di BRI. Ia lama berkarier dan besar di BRI sejak tahun 1980. Sebelum memimpin BRI, ia pernah menjabat posisi lainnya seperti Kepala Divisi Bisnis Umum, Kepala Divisi Consumer Banking, Pemimpin Wilayah Bandung dan Denpasar (Bali, NTT, NTB, Timor Timur).


Kemampuannya di industri perbankan tidak perlu diragukan lagi. Ia habiskan waktu dengan mengasah ilmu perbankan dimulai dari meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Hasanudin – Makassar pada tahun 1979, Sekolah Pimpinan Bank (Sespibank) dari Institut Bankir Indonesia tahun 2000, dan Magister Manajemen di Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2003.


Ia juga meneruskan pendidikan demi bidang yang dicintainya dengan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan. Beberapa diantaranya yakni “From State Owned Enterprise to World Class Competitors Creative Innovative and State Owned Firms” di Filipina; “Card and Payment” dalam European Financial Management Marketing (EFMA) di Paris, Perancis; Restrukturisasi dan Peningkatan Kinerja BUMN di Jakarta; “Enhancing the Power of Enterprise Risk Management in Creating A Sound Bank and Financial Risk Integration” di Stockholm, dan pendidikan perbankan lainnya.  


Passionnya terhadap dunia perbankan dan tidak neko-neko dengan apa yang dihadapinya membuat ia terus fokus dalam menjalankan kariernya. Hingga akhirnya ia terpilih menjadi Direktur Utama BRI.


“Melalui kepengurusan baru, perseroan siap untuk terus memberikan value added yang terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan serta lebih siap lagi menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN yang akan dilaksanakan pada akhir 2015,” ungkap Asmawi usai dilantik menjadi Dirut BRI.


Ia merupakan sosok pria yang siap dengan segala hal, bahkan sebelum menjadi seorang pemimpin ia sudah bertekad untuk memajukan BRI sebagai bank terbaik di Tanah air. Dan kini target demi target harus ia capai di tengah persaingan ketat dan menantang.


Di Tahun 2017 Asmawi menargetkan perseroannya masih menjadi bank yang paling dominan dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemerintah sendiri sudah menganggarkan penyaluran KUR tahun ini sebesar Rp 110 triliun. “Untuk 2017, BRI menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 71 triliun,” tegasnya.