13 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 February 2017

Naskah: Indah K., Foto: Istimewa

Mampu melewati krisis berkali-kali, tak membuat Anthony Salim berhenti. Ia justru tetap maju membawa PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk (Indofood) dalam jajaran perusahaan makanan paling berpengaruh di Indonesia. Beragam produk berlogo Indofood bertengger hampir di seluruh tempat. Baik supermarket, minimarket, hingga warung eceran.

 

Boleh dibilang Anthony, Sang CEO, adalah pebisnis sejati di tengah krisis. Berkat kegigihannya, produk yang dihasilkan oleh Indofood telah dipasarkan tidak hanya di Asia, tapi juga merambah Australia dan Eropa.
Sempat mengalami kesulitan di masa krisis moneter tahun 1998, tak lantas membuat Anthony menyerah. Dampak yang timbul dari krisis tersebut tidaklah main-main. Salim Grup harus menanggung hutang sebesar Rp52 triliun yang membuatnya harus melepaskan beberapa perusahaan.


Meski harus melepas perusahaan miliknya, Anthony yang dipercaya menggantikan ayahnya, Sudono Salim, tetap berusaha memberikan hasil terbaik bagi perusahaan yang masih ia kelola.
Krisis yang dilewati Anthony tak hanya saat krisis moneter. Tapi juga krisis ekonomi global tahun 2008 yang membuat harga berbagai komoditas menurun. Pengaruh yang paling dirasakan adalah menurunnya harga tepung yang memengaruhi penjualan produknya.


Kerja kerasnya membangun Indofood membuahkan hasil yang tidak mengecewakan. Pria kelahiran 25 Oktober 1949, ini berhasil membawa Indonesia menjadi salah satu produsen mie instan terbesar di dunia. Ia juga dinobatkan sebagai salah seorang terkaya di Indonesia.


Perusahaan yang dinahkodai oleh Anthony ini telah menjadi salah satu produsen produk makanan di Indonesia selama 27 tahun. Banyak produk yang dihasilkan mulai dari makanan ringan, susu, minuman, bumbu racik, hingga tepung dan pasta.


Tidak cukup sampai di situ, ia menggerakkan Indofood terus menghasilkan produk terbaru. Inovasi yang unggul dan berbeda dengan perusahaan lain juga terus dirancang. Hal ini bisa dilihat dari merajalelanya mie instan berlogo Indofood yang menguasai pasar di Indonesia.