13 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 February 2017

Naskah: Sahrudi, Foto: Istimewa

Tak salah kalau Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di Jakarta, Jumat 19 Desember 2014 mengangkat Alex Janangkih Sinaga sebagai direktur utama perusahaan telekomunikasi milik negara tersebut. Pasalnya, pengganti Arief Yahya ini tak hanya mampu mengakselerasikan roda  bisnis Telkom semata tapi juga meningkatkan performa bisnis BUMN ini, di tengah terjadinya pelambatan ekonomi global sekalipun.

 

Kurang lebih 3 tahun kepemimpinan Alex J. Sinaga, arah bisnis Telkom Group telah menunjukkan progres yang signifikan. Sejumah keberhasilan yang diraih mampu mendongkrak nilai pasar (market capitalization). Ambil contoh, jika pada tahun 2014 market capitalization Telkom Group mencapai Rp.288.8 triliun, maka tahun 2015 terus mengalami pertumbuhan hingga menembus angka Rp. 312.9 triliun. Melebihi target Rp. 300 triliun yang telah dicanangkan.

 

Terakhir, hingga akhir tahun 2016, market capitalization Telkom Group terus tumbuh dan menembus Rp. 401.8 triliun. Begitu juga dengan pendapatan, untuk pertama kalinya Telkom Group berhasil menembus angka Rp. 102.5 triliun pada tahun 2015 dan menjadikan Telkom Group sebagai kelompok korporasi dengan pendapatan di atas Rp. 100 triliun.


Kepemimpinan Alex juga yang kemudian membuat perusahaan ini tumbuh triple double digit di Triwulan III tahun 2016 ini dengan membukukan pendapatan sebesar Rp. 86.19 triliun (naik sebesar 13.8% Year of Year - YoY), EBITDA sebesar Rp. 44.38 triliun (naik sebesar 20% YoY), dan laba bersih Rp. 14.73 triliun (naik sebesar 27.6% YoY).


“Pencapaian triple double digit growth ini merupakan prestasi luar biasa yang belum pernah diraih Telkom Group dalam 9 tahun terakhir,” ucap Alex.


Pencapaian tersebut tentu tak lepas dari sikap profesionalisme dan leadership seorang Alex. Dimana ia selalu mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar dalam menjalankan roda bisnis korporasi, seluruh jajaran Telkom Group wajib mengimplementasikan budaya perusahaan yaitu The Telkom Way yakni Philosophy to be the best, Principle to be the Stars dan Practices to be the Winner.