13 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 February 2017

Naskah: Aprilia R., Foto: Fikar Azmy/Istimewa

Dipercaya memimpin salah satu provider terbesar di Tanah Air, Dian Siswarini berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jaringan data. Berbagai usaha dan kerjakerasnya, membawa perusahaan yang dinahkodainya ini melejit hingga dinobatkan berbagai penghargaan.

 

CEO PT XL Axiata Tbk (XL) Dian Siswarini menjadi sosok utama di balik keberhasilan perusahaan penyedia layanan selular terbesar di Asia Pasifik ini. Ia mulai menjabat secara resmi sejak 1 April 2015 dan mulai mengelola perusahaan dengan jutaan pelanggan. Tentu saja dari pencapaian dalam kariernya tersebut, Dian bukan perempuan biasa.


Sejak awal memimpin, Dian fokus mengimplementasikan program Revamp, Rise & Reinvent (3R) yang ia mulai sejak awal 2015 saat menjadi Deputy CEO melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di perseroannya tersebut.


3R ini memiliki arti Revamp yang merupakan pengubahan model bisnis pencapaian jumlah pelanggan dari volume ke value dan strategi bisnis untuk meningkatkan profitabilitas produk. Sementara Rise berartikan meningkatkan nilai brand XL melalui pendekatan dual-brand dengan AXIS, guna menyasar segmen pasar yang berbeda. Dan Reinvent, yakni menstimulasi dan menumbuhkan berbagai inovasi-inovasi bisnis.


“Jelas strategi 3R adalah strategi yang tepat untuk membangun bisnis XL menjadi lebih berkelanjutan dan menguntungkan,” ungkap Dian.


Menggalakkan program tersebut membuat perusahaan yang dinahkodainya ini terus berupaya menjalankan berbagai strategi demi melayani kelancaran berkomunikasi seluruh masyarakat. Bercermin pada kuartal III 2016 jumlah pelanggan XL telah bertambah 1 juta, jika ditotalkan mencapai 45 juta, atau 8 persen lebih tinggi dari basis pelanggan di tahun 2015.


Dian mengungkapkan, pencapaian yang diraih tersebut merupakan bagian implementasi fokus meraih pelanggan secara tepat dan sesuai target yang dirancang.


“Kami sangat senang dengan pencapaian pertumbuhan pelanggan data. Kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan kinerja 2017 yang lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya,” kata Dian optimis.


Sepanjang tahun 2016, Dian telah membuat XL berhasil mencatat keuntungan sebesar Rp 376 miliar, pencapaian ini bisa terbilang fantastis sebab berbanding terbalik dengan kondisi tahun sebelumnya yang mengalami kerugian senilai Rp 25 miliar.