13 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 February 2017

 

Prestasi tertinggi dari seorang Chief Executive Officer (CEO) antara lain tak hanya ketika dia berhasil membawa perusahaannya establish, tapi juga menguntungkan. Dengan kata lain, dalam dunia korporasi, pengaruh CEO juga ikut menentukan perjalanan suatu perusahaan. Parameter ini bukan hanya berlaku bagi perusahaan swasta, perusahaan pelat merah alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pun demikian. Jika dua indikator itu saja sudah terpenuhi, maka layaklah ia ditahbiskan sebagai CEO berprestasi. Keberadaan para CEO berprestasi di Indonesia yang terbilang tidak sedikit, tentu saja sesuatu yang patut dibanggakan. Bangga bukan hanya karena kita punya banyak CEO hebat, tapi juga karena keberadaan mereka sejatinya ikut memberikan andil bagi perjalanan pembangunan perekonomian nasional. Kenapa? Karena Pemerintah, bersama swasta, dan BUMN merupakan tiga pilar utama penggerak perekonomian kita. Untuk menggerakkan tiga pilar ini, tentu dibutuhkan sosok CEO yang mumpuni, tidak hanya berkemampuan manajerial, melainkan juga kuat dalam visi pembangunan. 

Dengan begitu, jelaslah bahwa CEO memiliki peran penting bagi perekonomian. Karenanya, sangat wajar bila kiprah mereka mendapat apresiasi. Tentu kita berharap, ke depan muncul CEO-CEO baru yang berkualitas. Tidak hanya di level nasional, melainkan juga di tingkat internasional.

Berangkat dari pemahaman itulah, Men’s Obsession dalam edisi kali ini mencoba mengangkat sosok CEO berprestasi sebagai cover story. Melalui rapat redaksi dan tim ahli kami, maka disepakati ada 13 orang CEO yang kami anggap sukses dan berhasil menjalankan perannya. Kenapa harus ada 13 orang CEO? Tak ada maksud lain, karena angka 13 diambil terkait juga dengan usia majalah ini yang ke-13 tahun. Mereka, adalah para CEO yang mampu membawa bahtera bisnis perusahaannya melaju dengan pesat di tengah gelombang perekonomian global yang melemah di tahun dan melewati tahun 2016 dengan sukses. n