12 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 18 February 2016


Naskah: Arif Rahman Hakim Foto: Fikar Azmy

 

Jahja Setiaatmadja salah seorang sosok penting dalam perjalanan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Ia dipercaya menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) BCA sejak 2011. Dikenal sebagai pekerja keras, dalam memimpin BCA Jahja mengibaratkan dirinya sebagai dirigen yang memimpin orchestra.

 

“Prinsip saya di dalam memimpin adalah seperti seorang dirigen yang memimpin orchestra. Intinya, kita harus tahu nada apa yang harus timbul dari setiap macam instrumen, meskipun kita tidak perlu mahir memainkan instrumen tersebut. Kemudian yang penting juga, kita harus mengetahui siapa kira-kira yang akan mendengarkan dan melihat permainan orchestra kita,” tutur Jahja dalam buku biografinya Sang Dirigen, Perjalanan Jahja Setiaatmadja Hingga Menjadi CEO BCA.


Menurut Jahja, menentukan audience ini sangat penting, karena terkait dengan pemilihan lagu-lagu yang tepat. Permainan musik yang bagus dan pemilihan lagu yang tepat, akan membuat penampilan orchestra menjadi memukau.
“Lalu pada saat terjadi nada-nada sumbang, kita harus mengetahui di mana terjadinya nada-nada sumbang itu. Kita perlu memberikan corrective action, yakni meminta pemain musik yang bersangkutan untuk memeriksa apakah masalahnya terletak pada instrumennya atau pada dirinya. Dengan sikap seperti itu, kita dapat memimpin dengan baik,” katanya.


Sebagai atasan Jahja juga perlu meminta masukan dari para bawahan, dan itu semua harus sama-sama diolah, untuk menjadi satu keputusan. Dan kalau sudah diputuskan, sebagai atasan Jahja harus berani bertanggung jawab. Jahja memang dikenal sebagai seorang CEO yang tangguh dan inovatif. Ia tak pernah berhenti melakukan berbagai terobosan besar dan jeli menangkap peluang bisnis.