12 CEO Pilihan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 18 February 2016

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. MO

 

Dialah sosok wanita tangguh yang diperhitungkan di negeri ini. Kariernya di dunia ‘lelaki’ tak menghalanginya dalam berkarya, Dian justru merasa tertantang. Meski harus menerjang panasnya matahari di lapangan, bahkan memanjat tower sekalipun, Dian tak peduli. Kerja kerasnya itu membuahkan hasil. Karier Dian meningkat perlahan demi perlahan, hingga pada puncaknya, ia berhasil menjabat President Director PT XL Axiata, Tbk.

 

Sejak muda, wanita cerdas ini memang begitu bergairah pada dunia telekomunikasi. Menurutnya, dunia ini adalah dunia yang sangat menarik karena selalu berkembang dan dinamis. Tanpa pikir panjang, Dian berani memutuskan berkarier di luar jalurnya sebagai seorang wanita. Apalagi saat itu, dunia yang digelutinya ini, terkesan ‘macho’ dengan image untuk dunia lelaki.


Dian pun tak peduli ketika saat awal ia mengawali kariernya itu, industri telekomunikasi belum maju dan masih jauh tertinggal dibanding negara-negara lain. Namun Dian memiliki keyakinan bahwa suatu saat nanti industri ini akan bisa bangkit di Indonesia. Kini, ia berhasil membuktikannya. Dian pun tersenyum puas lantaran ia telah berhasil menjadi bagian dari perkembangan dan kemajuan industri telekomunikasi di tanah air.  


Setelah menamatkan pendidikan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1991, Dian terfokus untuk berkarier di bidang telekomunikasi. PT Citra San Makmur (CSM) adalah tempatnya berkarier saat pertama bekerja. Di situ ia menjabat sebagai Supervisor di bidang Engineering. Terjun langsung di bidang telekomunikasi, Dian semakin bergairah pada dunia ini. Kemudian ia mengembangkan dirinya dengan berkarier pada perusahaan telekomunikasi lainnya. Tepatnya pada 1994, Dian bergabung dengan PT Satelindo.


Bukan Dian namanya jika tidak tertantang untuk mencoba hal baru. Tak lama kemudian tepatnya pada 1996, ia bergabung dengan XL yang kala itu masih di bawah naungan PT. Excelcom dengan posisi Radio Engineer. “Sebagai lulusan Engineering, banyak yang menyebut saya bekerja di bidang pekerjaan laki-laki. Saya memang banyak menghabiskan waktu di lapangan yang membuat saya harus memanjat tower BTS,” kenang Dian.


Bekerja di XL memberikan pengalaman baru bagi Dian. Di situ ia merasa sangat nyaman dan merasakan suasana berbeda, ia merasa seperti berada di rumah sendiri. Keluarga besar XL layaknya keluarga kedua bagi Dian. Dengan kerja keras Dian berhasil membuktikan kinerja gemilang. Hanya dalam waktu satu tahun, kariernya meningkat, ia dipromosikan sebagai Manager Network Design & Engineering.


Di situ, kariernya berkembang pesat bak mercusuar. Ya, kerja kerasnya membuahkan hasil, “kerja keras dan passion membuat saya akhirnya bisa menempati posisi Vice President Network pada 2005. Posisi yang membuat saya makin dipercaya di XL sampai membuat saya berturut-turut diberi amanah memegang posisi Direktur Digital Services Officer di Departemen Content and New Business pada 2013. Tahun 2014 saya di-challenge untuk bekerja di induk usaha XL yaitu PT. Axiata di Malaysia sebagai Group Chief of Marketing and Operation Officer,” ujar Dian.