14 CEO PILIHAN

Oleh: Iqbal Ramdani () - 19 February 2018

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Humas TAM

Bergabung dengan Toyota Motor Corporation sejak April 1991, pria asal Jepang ini akhirnya dipercaya memimpin Toyota di Indonesia, ia menjabat Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) sejak April 2017 lalu. Tak sulit baginya untuk memimpin pasar otomotif di Indonesia, lantaran selain pengalamannya di industri otomotif yang sudah banyak makan asam garam, ia juga sebelumnya pernah berkarier di TAM dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Ya, Nakata bukanlah orang baru di TAM. Sebelumnya pada Januari 2006 hingga Desember 2009, ia pernah bertugas di TAM sebagai Executive Coordinator, Sales Department Manager Planning & Customer Relation Division TAM. Dengan demikian ia berharap kehadirannya sebagai pemimpin TAM kali ini, mampu memperkuat kerjasama yang pernah dilakukan, serta memperkuat posisi TAM di industri otomotif Indonesia. Dan sebelum kembali lagi untuk memimpin TAM, jabatan terakhirnya di Toyota Motor Corporation adalah Deputy GM Toyota Planning Division No. 1 TMC.

 

Nakata merasa jabatan baru ini menjadi satu kehormatan baginya, sekaligus menjadi tantangan besar sejalan dengan kemajuan dunia otomotif Indonesia. Saat ini TAM selaku perusahaan Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia menjadi market leader dengan pangsa pasar yang signifikan. Meski kondisi perekonomian dunia sempat melemah yang berdampak pada perekonomian Indonesia, TAM mampu melaluinya dengan baik. Melanjutkan kepemimpinan sebelumnya, hal pertama yang dilakukan Nakata untuk mempertahankan pangsa pasar Toyota sebagai market leader di Indonesia adalah melanjutkan serta mengembangkan apa yang sudah dilakukan sebelumnya. Nakata beserta timnya, selalu berusaha memberikan servis terbaik kepada para konsumen. Dengan demikian, ia yakin, market share TAM akan menjadi nomor satu di Indonesia.

 

Selain servis terbaik kepada para pelanggan, TAM juga berusaha untuk selalu menghadirkan produk-produk unggulan yang ditunggu para penggemarnya, antara lain, All New Avanza-Veloz, All New Kijang Innova, All New Fortuner, All New Sienta, All New Calya, New Yaris Heyker, New Venturer dan berbagai improvement pada Toyota Corolla dan Vios yang mendapat respon positif dari pelanggan. TAM juga terus menambah jaringan layanan aftersales service yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia dan hingga saat ini jumlahnya sudah Sudah mencapai 317 outlet yang tersebar di semua provinsi di Indonesia, dan menjangkau wilayah kabupaten/ kotamadya. 

 

Belum lama menjabat, kerja keras dan eksistensi Nakata diakui publik. Ia berhasil meraih 2 penghargaan sekaligus dalam ajang Indonesia Best Foreign CEO Award 2017 pada Oktober 2017 lalu, untuk kategori 'Best Foreign CEO in Enviromental Issue' dan 'Top 5 Foreign CEO Industrial Automotive Sector'. Yang membanggakan, tak hanya sang nakhoda yang meraih penghargaan. Toyota Avanza juga meraih penghargaan dalam ajang Social Media Award 2017 untuk kategori MPV, serta berhasil meraih penghargaan sebagai 'The Most Valuable Brand' untuk kategori MPV dengan predikat platinum dalam ajang Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2017 pada Oktober 2017 lalu. Sangat membanggakan jika melihat mobil favorit keluarga Indonesia ini, bisa menembus angka mencapai lebih dari 1,6 juta unit. Tak hanya Avanza, Toyota Vios juga meraih penghargaan IBBA 2017 untuk kategori sedan kecil di bawah 2000 cc. Sementara untuk perusahaan, TAM juga meraih penghargaan 'The Most Popular Company' dalam ajang Indonesia Corporate Public Relations Award 2017. Tak hanya itu, di bawah kepemimpinan Nakata, TAM juga mampu mempertahankan posisi sebagai market leader dengan market share hampir 35%.