Oleh: -
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Fikar Asmy

Tampil dengan tema Expanding Joy and Fun For All, Honda benar-benar merebut perhatian pengunjung IIMS 2013 dengan sejumlah produk terbarunya, termasuk Low MPV pertamanya yang dirancang khusus untuk Indonesia, Mobilio, serta mobil generasi terbaru supercar hibrid legendaris, Honda NSX Concept. Dengan konsep matang dan membumi, Honda menjadi salah satu primadona pengunjung.


Menurut Takanobu Ito, Presiden, CEO and Representative Director Honda Motor Co. Ltd., Mobilio dirancang secara khusus sesuai dengan kebutuhan unik dari sebagian pasar konsumen di Indonesia. Segmen LMPV diakui sebagai segmen otomotif dan pasar terbesar di Indonesia, dengan jumlah 32% dari total market tahun 2013.

Jonfis Fandy, Direktur Marketing & Aftersales Service PT HPM, menambahkan, Mobilio telah melalui riset untuk menyesuaikan dengan kondisi konsumen di Indonesia serta kondisi jalan. Lebih lanjut, Jonfis mengungkapkan, mobil yang sudah mulai dapat dipesan itu akan dijual dengan rentang harga Rp 150-180 juta.

Selain Mobilio, daya tarik utama lainnya adalah Honda NSX Concept, yang memadukan performa dan tampilan mobil sport dengan mesin hybrid ramah lingkungan. Kehadiran NSX Concept di ajang IIMS 2013 merupakan pertama kalinya untuk kawasan Asia Oceania.

NSX Concept mengadopsi mesin Sport Hybrid All Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD), sebuah mesin baru yang didukung tiga buah motor listrik berperforma tinggi.

Sistem ini merupakan kombinasi antara torsi dan efisiensi dari mesin hibrid, dimana satu motor bekerja integral dengan mesin V6 dan dua motor bekerja secara independen menggerakan roda belakang, serta didukung 7-speed Dual Clutch Transmission (DCT).

Sistem ini juga diklaim dapat menghasilkan handling lebih mantap saat menikung (cornering) untuk mencapai tingkat baru dari performa berkendara yang melampaui sistem AWD yang ada sekarang.

Tak hanya itu, karena menggunakan sistem hybrid, Honda NSX Concept juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Honda mengembangkan teknologi terbarunya tersebut di Pusat R&D Honda America di Ohio, AS.

Yang terang, tema Honda tercermin dari 28 mobil yang ditampilkan di di atas tiga zona display: Smart, Sporty, dan For All.

Di Zona Smart, tampil Honda Accord, model pertama di Indonesia yang mengusung mesin Earth Dreams, HondaCivic, dan Honda CRV yang dilengkapi berbagai fitur teknologi canggih, serta Honda City.

Di zona Sporty, tampil mobil-mobil yang mewakili DNA sporty Honda. Di sini untuk pertama kalinya publik Tanah Air bisa melihat langsung Honda CRZ Mugen RZ, sebuah edisi spesial dari CR-Z.  
 
Di zona ini juga mejeng Honda Jazz RAcing, Honda Accord, Honda CRV, Honda Freed, Honda Jazz, Honda Brio yang dilengkapi aksesoris Modulo, serta Honda Civic dan City yang berdandan Mugen.

Sementara di zona For All, dijejer produk value money, seperti, produk terbaru dan termurah Honda, Brio Satya, serta Honda Freed Tipe S yang mengusung fitur lengkap namun lebih terjangkau.