Oleh: -
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Andi Nursaiful

PT. Grandauto Dinamika (GAD), APM yang memasukkan dua brand premium, Jaguar dan Land Rover di Tanah Air, tampil cukup memukau meski hanya mengandalkan kedua varian terbaru di dua brand itu.

Mobil Sports 2-Seater All-New Jaguar F-Type, adalah model baru Jaguar berperforma kencang dan memberikan kedinamisan berkendara berkat desain baru atap convertible. Mobil kencang ini menawarkan teknologi terkini dan material yang diklaim terbaik di kelasnya

Mengusung mesin bensin 3.0 Liter V6 Supercharged bertenaga 340 PS, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam 4,9 detik dengan top speed 300 km/jam.

Transmisinya 8-speed Quickshift dengan sensasi SportShift transmisi manual, dan dilengkapi fitur limited-slip differential untuk memaksimalkan traksi.

Konstruksinya sendiri diambil dari generasi ke-4 Jaguar dengan bahan alumunium ringan sehingga secara keseluruhan menghadirkan karakter gesit, lincah, dan dengan pengendalian terbaik.

Terinspirasi dari mobil konsep C-X16 yang hadir pada tahun 2011, Jaguar F-Type terlihat indah dari segala sisi sudut pandang. Interpretasi baru terlihat pada bentuk grille yang bersudut dan seolah menyatu dengan bonnet yang dilengkapi power bulge. Lampu utamanya sudah mengaplikasikan Bi-Xenon dan dilengkapi LED Daytime Running Lights (DRL). Velgnya eksklusif dengan ukuran 20 inci yang berkesan sporty.

Terinspirasi dari cockpit pesawat, sedan sport mewah ini menekankan tata letak kabin yang asimetris. Semua panel instrument dibuat ergonomis dan ditujukan untuk kenyamanan pengemudi. Inspirasi dalam aeronautica atau penerbangan juga bisa dilihat pada tuas transmisi Sportshift yang berbentuk joystik. Contoh lain, desain ini menjadikan posisi tuas transmisi paddle-shift mudah dijangkau dan dioperasikan pengemudi.

Dynamic Launch Mode adalah fitur canggih dan unik yang disematkan pada Jaguar F-Type untuk akselerasi secara otomatis. Cara kerjanya, dalam keadaan berhenti dan pengemudi menginjak pedal rem, sampai di layar terdapat informasi “Dynamic Launch Ready’, kemudian lepaskan peda rem, dan secara otomatis mobil akan berakselerasi tanpa pengemudi menginjak pedal gas.

Sebagai sistem keselamatan dan keamanannya, Jaguar F-Type dilengkapi sistem pengereman yang sangat memadai. Misalnya penggunaan rem dengan disc brake berukuran besar 380 mm di depan dengan caliper berwarna merah dan disc brake berukuran 325 mm di roda belakang. Fitur safety lainnya adalah telah dilengkapi dengan sistem ABS, Electronic Brake Force Distribution dan Emergency Brake Assist.Jaguar F-Type terbaru ini melengkapi jajaran produk Jaguar yang telah dipasarkan di Indonesia, yaitu XF, XJ dan XK.

Andalan kedua GAD adalah SUV Premium All-New Range Rover Sport yang dikalim sebagai Land Rover paling kencang, gesit, dan responsif.

Produk ini merupakan interpretasi baru dari portfolio 3 model Range Rover yang modern.Dibangun dengan tranformasi kedinamisan berkendara on-road dengan fitur all-terrain terbaik yang memberikan kemampuan luas.

Mobil ini Dibuat dengan detail, mewah, dan dengan interior fleksibel yang memiliki konfigurasi pilihan tempat duduk 5+2.

Bobotnya yang lebih ringan, menawarkan ketangkasan dan performa dahsyat dengan emisi gas buang CO2 lebih rendah 15% menjadi 199 g/km dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Teknologi yang diusung memfokuskan pada konsumen dengan fitur terbaru, ‘Connected Car’.

“The All-new Range Rover Sport merupakan SUV yang didesain dan dirancang tanpa kompromi. Melalui Land Rover sebagai jiwanya, mobil ini merupakan salah satu yang difokuskan untuk penggunaan jalan raya, tanpa melupakan kemampuan off-road yang menakjubkan. Inilah SUV premium tercepat, terlincah, dan paling responsif yang pernah dibuat Land Rover,” ujar Darwin Maspolim, Chief Operating Officer (COO) GAD.

All-new Range Rover Sport memiliki kemampuan off-road yang luar biasa, dengan berbagai fitur berteknologi tinggi telah menjadi piranti standard. Sebut saja, Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), Electronic Traction Control (ETC), Dynamic Stability Control (DSC), Roll Stability Control (RSC), hingga E-Differential, Air Suspension. Semua fitur tersebut membuat kendaraan melaju di jalanan dengan kondisi penuh kerikil, rumput, bersalju, lumpur ataupun pasir tetap nyaman, aman, dan mengasyikan.

Mobil ini sistem Stop/Start button sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit sampai 7%. Desain yang lebih aerodinamis dengan coefficient drag 0,34 juga akan memberikanpenghematan bahan bakar hingga 8%.

Untuk pasar Tanah Air, PT. Grandauto Dinamika memasarkan dua varian Range Rover Sport, yaitu HSE dan Autobiography dengan pilihan velg beragam, dari 19 inci sampai 22 inci. Fitur istimewa lainnya adalah Sports Command Driving Position (SCDP) yang menawarkan kontrol terbaik saat berkendara si segala kondisi jalan.

Terdapat 3 pilihan mesin yang terdiri dari 2 mesin bensin dan 1 mesin diesel. Mesin bensin masing-masing berkapasitas 5.0 Liter Supercharger V8 yang bertenaga 510 PS dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya 5,3 detik dan mesin bensin berkapasitas 3.0 Liter Supercharger V6 dengan daya 340 PS.
Untuk diesel, berkapasitas 3.0 Liter SDV6 yang memproduksi tenaga hingga 340 PS dengan akselerasi 0-100 km/jam 7,2 detik.Semua varian mesin tersebut disandingkan dengan transmisi otomatis yang canggih bertipe ZF 8HP70 8-speed.