Oleh: -

Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto

Dalam ajang IIMS 2013 kali ini, Ford mengandalkan dua kendaraan terbarunya di segmen B, yang diharapkan mampu menjaring lebih banyak lagi pelanggan dari segmen tersebut di Indonesia. Adalah New Ford Fiesta dan All-New EcoSport, yang dipamerkan di tengah-tengah panggung Ford, Hall A JIExpo. Selain kedua kendaraan tersebut, di sekeliling booth, Ford juga memajang all new Ranger, all new Focus dan Ford Everest. 

New Ford Fiesta siap untuk mendefinisikan kembali segmen mobil kecil dengan desain menarik terbaru yang lebih berani, penghematan bahan bakar terkemuka di segmennya, fitur keselamatan dan teknologi pintar yang terdepan di kelasnya, termasuk sistem konektivitas dalam mobil Ford SYNC yang meraih banyak penghargaan. Pada saat konferensi pers yang diadakan pada 19 September 2013 lalu, Managing Director Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto, menjelaskan, dengan SYNC, konektivitas Bluetooth dan kemampuan MP3, pengendara dapat terus terhubung ke musik favorit mereka dan terkoneksi ke dunia mereka saat bepergian, “New Fiesta memang diciptakan untuk generasi digital,” ungkapnya.

Sebagai tambahan, New Fiesta juga dilengkapi dengan serangkaian fitur kenyamanan seperti Smart Keyless Entry, adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk membuka mobil atau menyalakan mesin tanpa menggunakan kunci. Pintu dapat dibuka secara otomatis hanya dengan menarik pegangan pintu, dan menyalakan mesin dengan menekan tombol Ford Power Start.

New Fiesta dilengkapi mesin empat silinder 1.5 L Ti-VCT global yang mampu menghasilkan tenaga 112 PS pada 6.300 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 4.400 rpm. Mesin tersebut dapat dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan Ford PowerShift atau transmisi manual lima percepatan. Ketika dipasangkan dengan salah satu gearbox tersebut, Fiesta menghasilkan angka penghematan bahan bakar dan emisi karbondioksida yang identik – 5,8 L/100km dan 137 g/km. Tersedia lima varian Fiesta 1.5 L dengan transmisi otomatis dan manual, dengan harga mulai dari Rp.188.900.000,- hingga Rp.228.850.000,-

Sementara itu, SUV compact all-new Ford EcoSport yang sporty, mulai dijual pada awal tahun depan, meski sudah mulai dipamerkan dalam ajang ini. All-new EcoSport menyajikan paket kualitas, keselamatan, nilai dan penghematan bahan bakar terkemuka di segmennya, yang memanfaatkan desain kontemporer yang tidak hanya bergaya, tapi juga efisien secara aerodinamis. Dilengkapi mesin bensin 1.5 L Ti-VCT yang akan menghasilkan penghematan bahan bakar seperti halnya Ford Fiesta.