Oleh: -

Naskah : Suci Yulianita Foto : Suci Yulianita/Sutanto/Fikar Azmy

Terletak di area outdoor JIExpo Kemayoran, IIMS 2013, tampak sederet kendaraan komersial yang juga turut meramaikan ajang terbesar se-Asia Tenggara ini. Masing-masing pabrikan memamerkan kendaraan terbaiknya, seolah tak ingin melewatkan kesempatan ini. Mereka di antaranya:


Toyota Dyna
Di sektor komersil, Toyota Dyna selama ini menjadi produk andalan sekaligus tulang punggung Toyota, khususnya segmen on road yang saat ini sedang berkembang. Segmen on road adalah ceruk pasar yang menitikberatkan aktivitasnya pada kendaraan-kendaraan niaga berskala kecil hingga medium, seperti mobil box, flat deck, dump truck, arm roll, water gallon transporter, microbus, dan lain sebagainya.

Melalui IIMS 2013, Toyota Dyna selain menawarkan beberapa produknya, Toyota juga memperkenalkan Dyna Fleet Program yang menjadikannya sebagai solusi bisnis dengan menjunjung kepuasan pelanggan dalam naungan konsep besar Toyota Total Best Ownership Experience sebagai bagian dari respon terhadap perkembangan pasar.

Tahap Flat Experience memberikan kesempatan kepada masyarakat dan calon pelanggan untuk merasakan langsung Toyota Dyna, sehingga memperoleh gambaran dan pengalaman mengenai nilai-nilai jual yang ditawarkan Toyota Dyna. Tahapan ini juga memberikan keuntungan bagi Toyota, yaitu Toyota dapat memperoleh masukan dan saran langsung dari calon pelanggan, sehingga mampu terus berinovasi memberikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan.

Kemudian konsep strategi Total Best Ownership Experience, yaitu menitikberatkan pada tahapan maintenance. Dalam hal ini Toyota memiliki fasilitas layanan seperti Toyota Home Service (Pusat Layanan Dyna), adalah bengkel keliling Toyota Dyna yang melakukan kunjungan rutin kepada pelanggan. Tentunya juga didukung oleh sparepart yang lengkap, terjangkau dan berkualitas.

Toyota juga selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan pelanggan, diantaranya dengan kegiatan kegiatan yang mampu memberikan nilai lebih, seperti Customer Loyal Management, Fleet Gathering, dan Dyna Fleet Apreciation.

MAN, Lengkapi Bus dan Truk di Indonesia
Setelah lebih dari 3 tahun keberadaan truk MAN di Indonesia, PT Duta Putera Sumatera selaku APM MAN di Indonesia melengkapi produknya dengan meluncurkan Chassis Bus MAN tipe R37 yang merupakan bus 3-axle pertama di Indonesia, City Bus MAN tipe A69, Fire Truck TGM 18.340 4x2, serta truk CLA 18.280 4x2 Tractor Head pada IIMS 2013.

Bis MAN R37 berkekuatan 460HP memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 24 Ton menggunakan mesin MAN-D2676 yang ramah lingkungan. Sistem transmisi manual tipe ZF 16S252 OD dengan 16 kecepatan sangat memudahkan para pengguna dalam pengoperasiannya. Dipasarkan dengan harga USD 170.500,- (off the road). Sedangkan untuk Truk tipe CLA 18.280 4x2 harga dibanderol 595juta rupiah, CLA 26.280 6x4 (rigid, tractor head, mixer) 785juta rupiah, dan CLA 31.280 8x4 harga 950juta rupiah.

Untuk City Bus MAN, bekerjasama dengan Karoseri Nusantara Gemilang, memperkenalkan full aluminium Bus Body. Penggunaan bahan ini, memberikan masa penggunaan yang jauh lebih panjang, penghematan bahan bakar dan ban karena bobot yang lebih ringan, material yang dapat di-recycle dan juga penempatan titik berat kendaraan yang lebih rendah, sehingga bus tidak mudah terguling.

Hino Luncurkan Bus Suspensi Udara
PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) meramaikan IIMS 2013 dengan meluncurkan Hino Bus RN 285 yang peluncurannya dilakukan secara resmi pada hari pertama IIMS 2013, 19 September 2013 lalu. Hadir President Director HMSI Toshiro Mizutani, Director HMSI Shinji Yamasaki dan Santiko Wardoyo, dan Assistant Chief Engineer Hino Motors Ltd. Kenjiro Inoue.

Bus dengan mesin Common Rail J08E-VT (285 PS / 91 Kgm) ini, hadir dengan system suspensi udara sehingga memberikan tingkat kenyamanan tinggi dan kemudahan dalam perawatan. Hal itu disampaikan oleh Santiko Wardoyo saat peluncuran, “Kami meluncurkan sasis bus suspensi udara ini guna memberikan kendaraan angkutan penumpang dengan tingkat kenyamanan tinggi. Dilengkapi Stabilizer dan Lateral Rod pada shock absorber depan dan belakang yang memberikan kestabilan kendaraan yang lebih baik,” ujarnya. Untuk harga jual SRP (suggested retail price), HMSI membanderol harga Rp.720 juta off the road loco Jakarta.

UD Trucks Rayakan 30 Tahun Perjalanannya di Indonesia
UD Trucks Indonesia hadir di IIMS 2013 untuk merayakan 30 tahun kerjasamanya yang erat dengan pelanggan di Indonesia. UD Trucks juga menampilkan perjalanan perubahan model produknya yang sudah berjalan selama 30 tahun, dengan menampilkan beberapa model truk, dimana truk truk tersebut sudah bekerja keras di beberapa bidang aplikasi mulai dari yang terkini sampai dengan yang sudah berumur 30 tahun. Truk-truk yang ditampilkan itu, antara lain:

CK 10G produksi 1975, ini merupakan unit yang paling banyak digunakan untuk mengangkut kargo, minyak bumi serta untuk mobil pemadam kebakaran. Dan sebelumnya, mobil tersebut digunakan untuk satuan pemadam kebakaran di Indonesia, dan masih bisa beroperasi dengan baik. CKA 12H Produksi 1989, ini merupakan model yang sangat popular di Indonesia dan hingga saat ini masih banyak digunakan di berbagai aplikasi di Indonesia.

CKA 12 BTX Produksi 2002, konon truk ini menguasai pangsa pasar terbesar di Indonesia. Dan unit yang ditampilkan di IIMS 2013 ini sudah bekerja menarik container dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok selama 11 tahun lamanya. Kemudian PKD 211 Produksi 2004, merupakan truk yang selama ini diandalkan. Unit yang dipajang di IIMS 2013 ini sudah digunakan oleh anak perusahaan Astra International selama lebih dari 9 tahun untuk membantu operasional logistik mereka. Dan CWA 260HT Produksi 2013, inilah unit pertama yang sudah menggunakan merek UD Trucks sejak berpindahnya kepemilikan Nissan Diesel kepada Volvo Group di tahun 2010.

Tata Motors
Tata Motors Indonesia juga memamerkan berbagai kendaraan komersial di ajang IIMS 2013. Terdapat lebih kurangnya 10 jenis kendaraan komersial dari Tata Motors, mulai dari Pickup, truk mixer, bus dan truk tronton, diantaranya, Tata Magic Iris, Tata Super Ace, Tata Xenon 2.2 DiCor, dan Tata Xenon RX (untuk Pick up), Tata Starbus (Bus), Tata Ultra LCV/ICV dan Tata Ace EX 2 (Truk).

Dari semua kendaraan tersebut, ada satu yang paling unik dan menarik, yakni Tata Super Ace dirancang dengan 3 varian hasil modifikasi dengan mengusung model angkutan kota dan mobil toko. Namun sayangnya, kehadiran kendaran komersial besutan Tata Motors tersebut sekadar untuk diperkenalkan, belum untuk dipasarkan. Menurut President Director PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta, saat ini tim Tata Motors Indonesia masih melihat terlebih dahulu animo masyarakat Indonesia terhadap produk-produk itu.

Biswadev juga menjelaskan bahwa semua tipe kendaraan tersebut menggunakan mesin diesel. “Kami pilih diesel karena perawatannya murah, tangguh. Selain itu jika dilihat dari konsumsi bahan bakar, juga relatif irit,” pungkasnya.

FAW Truck Luncurkan Produk Unggulan di IIMS 2013
Di ajang IIMS 2013, FAW Truck menampilkan produk unggulan terbarunya. Selain tipe heavy duty, dipasarkan kali ini tipe dump truck, mixer truck, cargo truck, tangki, wing box dan tractor head 4x2. Dijelaskan Sales & Marketing PT Gaya Makmur Mobil (APM FAW Truck), Chepy Kusnanda, produk-produk tersebut merupakan produk yang tepat untuk usaha angkutan darat dengan keunggulannya masing-masing.

Misalnya truk 280 HP 6x4 dengan engine original FAW Torque tinggi sampai 1100 Nm/1300-1500 rpm, mampu menghasilkan daya tanjak yang besar, dilengkapi single reduction, hemat BBM dan daya angkut yang besar. Selain itu, FAW juga memperkenalkan produk dengan teknologi dan performance tinggi, yaitu Tractor Head tipe J6 (generasi ke-6), dengan 420 HP. Produk tersebut sudah lama dipasarkan di Asia dan Eropa, dan rencananya mulai dipasarkan di Indonesia pada awal 2014 mendatang.

Hingga saat ini, FAW sudah memiliki beberapa jaringan dan pemasaran serta after sales service sebagai cabang dan dealer resmi PT Gaya Makmur Mobil. Lebih kurangnya terdapat 30 service point yang tersebar di beberapa titik di seluruh Indonesia, seperti Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung (Sumatera), Bekasi, Purwakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Pati, Solo, Surabaya (Jawa), Banjarmasin dan Palangkaraya (Kalimantan).

Foton Luncurkan Auman Loxa Mixer 6x4
Produsen kendaraan komersil asal China, Foton Mobilindo meluncurkan produk terbarunya di ajang IIMS 2013. Adalah Auman Loxa Mixer 6x4 dengan daya 340 PS, yang ditawarkan dengan harga Rp.980juta on the road Jakarta. Didukung dengan mesin Cummins 340 PS yang merupakan teknologi lisensi Amerika, produk ini menawarkan keunggulan kapasitas lebih besar sampai 8 meter kubik. Kelebihan lain dari truk ini adalah dirakit langsung di satu pabrik, baik sasis maupun karoseri sehingga lebih terjamin kualitasnya. Ini berbeda jika dibandingkan dengan truk lain di Indonesia, yang umumnya melakukan proses tersebut secara terpisah. 

Di tengah sedang berkembangnya industri di Indonesia, Foton Mobilindo menargetkan bisa menjual 150 unit Auman Mixer 6x4 ini. Selain Auman Mixer, Foton juga menampilkan truk heavy duty lainnya, seperti, Dump Truck 29 HP, Tractor Head 290 HP 6x4, Cargo 280 HP 6x4, serta ada juga double cabin Tunlad dan beberapa kendaraan penumpang Foton.

Mitsubishi Fuso
(Naskah : A. Rapiudin)

Kali ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selalu authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Coorporation (MMC) dan Mistubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) mempersembahkan jajaran produk kendaraan niaga Mitsubishi di pameran otomotif terbesar di Indonesia ini.

Kehandalan Truk Mitsubishi telah terkenal dan terbukti sejak 1970, dimana kendaraan niaga Mitsubishi dengan dua model kendaraannya yaitu Colt Diesel dan Fuso mampu menjadi market leader di segmen commercial vehicle (VC) dengan penguasaan pasar lebih dari 50 persen setiap tahunnya.

Presiden Direktur PT KTB Noboru Tsuji mengatakan, selama 43 tahun kendaraan niaga Mitsubishi memimpin pasar commercial vehicle di Indonesia. Inovasi tiada henti terus dilakukan Mitsubishi demi memenuhi segala jenis kebutuhan konsumen di Indonesia. Dengan tersedianya lebih dari 20 pilihan kendaraan niaga berkualitas teratas, Mitsubishi Fuso menjadi andalan bisnis sejati para konsumen di Indonesia.

“Kepercayaan para konsumen kami merupakan asset yang sangat berharga, dan kepercayaan yang demikian kuat hanya bisa tercapai dari komitmen jangka panjang melalui ketangguhan produk yang berkualitas, kemudahan dalam perawatan kendaraan, luasnya jaringan 3s yang kami miliki serta tingginya harga jual kembali yang kesemuanya membawa pada kepuasan pelanggan yang optimal,” ucapnya.

Berkat kepercayaan itulah, lanjut Noboru, tahun 2013 ini menjadi tahun istimewa buat pihaknya. Dimana pada Oktober 2013 mendatang pihaknya akan merayakan penjualan 1 juta unit Mitsubishi di Indonesia.

Selain kendaraan penumpang, di ajang kali ini Mistubishi menampilkan kendaraan niaga dengan tiga varian baru. Tak hanya, Mitsubishi juga menampilkan dua model unik yang akan memberikan inspirasi bagi pelanggannya.

1.Colt Diesel FE71 yang dibentuk menjadi “mobile Lawson”, yang dapat menjadi inspirasi bagi para pebisnis di Indonesia untuk memanfaatkan karoseri semacam mobil took yang praktis dan menguntungkan. Dengan mesin 4D34 Turbo Intercooler dengan daya maksimum 110 PS, telah terbukti irit , bêrtenaga, dan tahan lama. Kemampuan FE 71 perlu diragukan lagi, gesit dan cocok digunakan untuk sahabat bisnis sehari-hari di dalam maupun luar kota.

Mobil Lawson pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 2009 dan hanya tiga unit di seluruh dunia. Dua di Jepang dan satu di Indonesia, Mobil Lawson pertama yang dibuat di luar Jepang.

2.Colt Diesel FE84 BC. Kendaraan ini dimodifikasi menjadi sebuah mobil pemeriksa kesehatan atau care mobile, yang merupakan kerja sama antara KTB dengan Yayasan Ronald McDonals House Charities (RMHC), dalam rangka kepeduliaan sosial pemeriksaan kesehatan anak-anak Indonesia di daerah terpencil.

Mobil ini ditunjang dengan suspense Long Tapered Leafspring yang mengoptimalkan kenyamanan dan merupakan aplikasi suspense yang pertama kalinya di Indonesia. Wheel base didesain lebih panjang (terpanjang di kelasnya) sehingga ruang penumpang lebih luas dan nyaman.

Di luar dua model itu, kendaraan niaga lainnya adalah FE 71 L BC. Mitsubishi Colt Diesel FE 71 Bus Chassis, dengan desain interior yang mewah dan nyaman. Kendaraan ini cocok dijadikan kendaraan transportasi travel eksekutif yang siap memanjakan penumpangnya. Ada lagi FV 51 JK 380 PS, Mitsubishi Fuso untuk mengangkut barang-barang besar dengan tenaga terbesar di kelasnya (380 PS).

Selain itu, ada juga Mitsubishi Fuso FN 627, kendaran tangguh di kondisi jalan off-road dengan tipe 6x4 dan mesin 6D16 bertenaga 250 PS yang disempurnakan berkat pengembangan teknologi terkini, yaitu system injeksi langsung TICS (Timing and Injection-rate Control) System). Berikutnya, ada Mitsubishi FE 75 SHDX, yang dihadirkan untuk medan berat dengan suspense super kokoh dan penyempurnaan di sisi garden sehingga lebih kuat dan mampu menahan beban lebih berat.

Mitsubishi FE 84 HDL, tampil dengan model box truck yang mereflesikan fungsinya sebagai super capacity. Varian ini hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang memerlukan kendaraan dengan daya muat yang banyak dan bertenaga besar.

Mitsubishi FE 71 L, kendaraan ini dihadirkan guna memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah kendaraan niaga yang tangguh, memiliki daya angkut besar dan andal dalam menunjang kegiatan bisnis. Ada lagi Mistsubishi FV 51 JH 380 PS TH. Ini merukan kendaraan heavy duty truck Mitsubishi yang kuat, tangguh, dan bertenaga besar. Penggunaannya untuk mengangkut beban berat di menan on-road atau jalan perkotaan. Berikutnya ada Mitsubishi FE 84 BC, ditunjang dengan suspense long tafered leafspring yang mengoptimalkan kenyamanan dan merupakan aplikasi suspense yang pertama di Indonesia.