Oleh: -
Naskah: Andi Nursaiful  Foto: Andi Nursaiful

Didominasi warna hitam dan putih serta dikombinasi dengan warna merah di area tertentu, Booth Peugeot tampil dengan konsep modern dan dinamis, sebagaimana produk-produk baru yang dihadirkan. Termasuk Peugeot 208 GTi yang debut di Indonesia.

Booth pabrikan asal Perancis ini memamerkan 8 mobil ramah lingkungan yang memenuhi standar emisi EURO 4, bahkan EURO 5. Mereka adalah 107, 3008 Crossover, 408 Sedan Turbo, 408 Sedan 2.0, 508 Sedan, 5008 MPV, New RCZ Sport Coupe, dan produk terbaru 208 GTi.

Setelah berhasil dengan Peugeot 208 tahun lalu, tahun ini Peugeot kembali meluncurkan beberapa varian 208, di antaranya GTi. Ini adalah mobil sport yang “entertaining” dan “chic”, sebagai interpretasi dari legenda GTi.

Hatchback sporty, inovatif, dan modern ini sangat sesuai untuk eksekutif yang berjiwa muda, sporti dan dinamis. Dari desain keseluruhan, 208 GTi terlihat kuat, agresif, dan modern. Dari depan, melambangkan keaslian genetik Peugeot  yang kharismatik dan sporty. Sementara bentuk lampu depan tampil lebih modern, kaya dan halus,dengan aksen LED, serta lampu day running light.

Grill depan yang lebih kecil berbentuk “floating sculpture” bermotif “3D chequered” yang  dibingkai dengan krom serta tulisan PEUGEOT di bagian atasnya, memberikan kesan modern dan sporty.

Mobil yang berkapasitas 5 penumpang mengusung interior bergaya kontemporer. Pengelompokan semua kontrol audio pada layar sentuh lebih memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan fitur-fitur yang ada.

Steering wheel yang berdiameter lebih kecil, berbalut kulit hitam beraksen merah dengan penambahan logo GTi memberikan sensasi yang istimewa.

Kursi depan 208 GTi memiliki keistimewaan, tidak hanya kualitas dan kombinasi warna yang menarik tetapi juga bentuknya yang menyerupai mobil sport, sehingga memberikan kenyamanan dan suasana yang dinamis.

Selain itu untuk menambah kenyamanan berkendara, 208 GTi telah dilengkapi dengan panoramic roof, electric door mirror, exterior courtesy lighting, automatic windscreen
wiper with rain sensor, automatic headlamp, follow me home, cruise control, AC Dual Zone, MP3 + USB, rain sensor, electrochrome rear view mirror, leather steering wheel, driver & front passenger heated seat.

Pengamanan aktif 208 GTi meliputi ESP, ABS, EBD, EBA. Sedangkan untuk pengamanan pasif antara lain sabuk pengaman 3 titik, 6 airbags (2 front airbags, 2 side airbags, 2
curtain airbags), seatbelt warning display unit, 3 point rear seat belts, 2 isofix seat mountings, pedestrian impact, reinforced safety cage.

Dari sisi dapur pacu, mobilk tiga pintu ini dilengkapi dengan transmisi manual gearbox 6 Speed, dengan mesin terbaru EP6CDTX Turbo, 1.598 cc, mampu menghasilkan tenaga 200 hp/5800 rpm  dengan torsi 275 Nm /1700 rpm.

The New Peugeot 208 GTi ditawarkan dengan harga Off the road Jakarta Rp 565.200.000,- dan tersedia dalam 2 warna : Ruby Red, Bianca White.