68 Tahun Membangun Bangsa

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 01 August 2013
Naskah: Cucun Hendriana, Foto: Fikar Azmi & Dok. Humas DPR RI

Upaya menghadirkan wajah DPR yang lebih baik terus dilakukannya. Sebagai Ketua DPR RI, ia terus mengawal jalannya pembangunan melalui optimalisasi tiga fungsi utama DPR: legislasi, anggaran, dan pengawasan. Selain itu, untuk memperkuat peran dan kedudukan kelembagaan di masa depan, di masanya, Marzuki Alie telah mencanangkan Renstra DPR RI 2010-2014. Inilah salah satu warisan paling monumental yang akan menjadikan DPR sebagai lembaga representasif rakyat yang sebenarnya.

Sebagai pucuk pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Marzuki Alie terus berjuang untuk menampilkan paras manis DPR, di tengah arus pemberitaan miring lembaga ini. Harus diakui, sebagian rakyat masih menuding bahwa kinerja DPR masih belum maksimal dan jauh dari kesan baik. Apalagi, tudingan itu diperkuat oleh sejumlah Anggota Dewan yang terjerat beberapa kasus dan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Memang, sah-sah saja orang menuding apapun terhadap lembaga ini. Namun yang jelas, di DPR masih lebih banyak Anggota yang tetap konsisten dan komitmen dengan perjuangannya dalam membela rakyat daripada yang tidak komitmen. Diingatkan Marzuki, jumlah anggota DPR 560 orang anggota DPR tidak bisa digeneralisir semua bermasalah tatkala sejumlah kasus hukum yang menimpa beberapa anggota saja.

“Terwujudnya DPR sebagai lembaga yang kredibel dalam mengemban tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, adalah cita-cita kita bersama. Memang, DPR banyak menerima kritik dari berbagai pihak, bukan hanya berkaitan dengan kinerja tapi juga soal beberapa anggota DPR yang sedang dalam proses hukum,” ucapnya.