Obsession Awards 2023 "Best Companies"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

PT Bank Pembangunan Daerah Bali

 

Desember 2022 menjadi akhir tahun yang indah bagi Bank Pembangunan Daerah Bali. Total asset bank kebangaan masyarakat Pulau Dewata tersebut tumbuh sebesar 9,11 persen year on year (yoy) dari tahun sebelumnya atau menjadi sebesar Rp32,269 miliar.

Pencapaian Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank BPD Bali mengalami pertumbuhan signifikan, dan porsi terbesar berasal dari peningkatan giro sebesar 50,37 persen. Peningkatan DPK ini juga ditunjukkan dengan pencapaian tabungan sebesar 26,62 persen.

Masih di pengujung 2022, Bank BPD Bali diganjar penghargaan sebagai Bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) terbaik se-Indonesia di ajang perdana Championship Digitalisasi Daerah 2022. Award diberikan berkat kolaborasi apik antara Pemprov Bali dan Bank BPD Bali dalam pelaksanaan program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Alhasil, Bali dinobatkan sebagai juara 1 TP2DD Provinsi terbaik regional Jawa-Bali ditambah Kabupaten Buleleng yang didapuk sebagai juara 1 TP2DD Kabupaten terbaik regional Jawa-Bali. Melalui TP2DD ini Pemprov Bali sangat concern terhadap digitalisasi, karena meyakini bahwa digitalisasi akan mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah Daerah, sehingga Bali dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Dengan sinergi antara pemerintah daerah, Bank Indonesia Bali dan BPD Bali, tingkat digitalisasi di provinsi Bali dan seluruh kota/kabupaten di Bali berhasil mendapat predikat dengan status Digital.

Predikat status digital tersebut diraih Pemerintah Daerah di Bali karena penerimaan pajak daerah di Bali telah 100% didapat melalui kanal non tunai sedangkan penerimaan retribusi daerah di Bali sudah 66 persen didapat melalui kanal non tunai dan sisa 34 persen secara tunai per bulan Juni 2022. Catatan apik ini melengkapi prestasi Bank BPD Bali di tahun 2022. Pada pertengahan tahun lembaga perbankan ini meraih Diamond Trophy (predikat kinerja 'Sangat Bagus' selama 20 tahun berturut-turut,  dan predikat kinerja 'Sangat Bagus' Kelompok KBMI 1 (Modal Inti sampai Rp6 triliun–Aset Rp25 triliun ke Atas) di ajang 27th Infobank Award 2022.

Penghargaan diraih berdasarkan kinerja gemilang atas catatan kinerja keuangan Bank BPD Bali tahun 2021 yang tentu dapat tercipta berkat transformasi bisnis, tata kelola usaha yang handal, dan manajemen risiko yang kuat. 

Di tahun 2023 ini, keberpihakan Bank BPD Bali juga patut diapresiasi. Lembaga perbankan ini kembali akan membuka program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program ini dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Tahun ini, Bank BPD Bali akan meningkatkan dana KUR dan memasang target penyaluran sebesar Rp1,6 triliun.

Manajemen ingin mengulang kembali kesuksesan program KUR di tahun 2022, ketika target penyaluran dana KUR tahun lalu mencapai keberhasilan sebesar 88 persen. Dari target yang dicanangkan pemerintah sebesar Rp1,2 triliun, Bank BPD Bali telah berhasil menyalurkan pendanaan KUR pada sejumlah Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sebanyak hampir Rp 1,1 triliun. (Fath)